Unduh Aplikasi

Pencarian Korban Dihentikan, 101 Orang Meninggal Akibat Gempa

Pencarian Korban Dihentikan, 101 Orang Meninggal Akibat Gempa
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Pidie Jaya. Foto: ist

PIDIE JAYA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana menghentikan proses pencarian korban gempa bumi berkekuaran 6,5 skala richter. Data terakhir jumlah korban meninggal dunia di tiga kabupaten terkena dampak gempa itu mencapai 101 jiwa dan
666 jiwa mengalami luka.

"Pencarian korban gempa di hentikan terhitung mulai kemarin," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei, Senin (12/12).

Di Pidie, terdapat tiga korban meninggal dunia. Di Pidie Jaya sebanyak 96 orang meninggal. 88 orang di antaranya teridentifikasi. Sementara jumlah korban yang mengalami luka berat 127 jiwa dan luka ringan 462 orang.

Di Bireuen tercatat dua korban jiwa dan 77 orang mengalami luka-luka. “Mayoritas yang luka di Bireuen adalah santri Pesantren Al-Aziziah, yaitu 70 orang dan tujuh orang lagi adalah warga," kata Willem.

Gempa yang berpusat di Pidie Jaya, Rabu pekan lalu, merusak banyak rumah, toko dan fasilitas umum, seperti masjid dan kantor.

Terpisah, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan dalam evakuasi dan pembersihan puing-puing bangunan pascagempa, TNI mengerahkan 2083 prajurit. Dalam dua hari ke depan, Gatot berharap tak ada lagi puing yang teronggok dan berserakan. “2 hari ini harus sudah bersih,” kata Gatot.

Hingga saat ini, sejumlah penyintas masih bertahan di tenda-tenda darurat. Sebagian besar warga juga memilih mendirikan tenda seadanya di halaman rumah. Mereka masih merasakan trauma mendalam, apalagi saat ini, gempa dengan kekuatan kecil masih sering dirasakan warga.

Komentar

Loading...