Unduh Aplikasi

Pencairan Dana Desa Tahap I di Aceh Singkil Terancam Molor

Pencairan Dana Desa Tahap I di Aceh Singkil Terancam Molor
Sejumlah Aparatur desa di kantor Dinas PMK Aceh Singkil melakukan aksi kebut pemberkasan untuk pencairan tahap pertama Selasa (4/5/2021). Foto: AJNN/Khairuman.

ACEH SINGKIL - Proses pencairan Alokasi Dana Kampung (ADK) APBK tahap pertama Kabupaten Aceh Singkil terancam cair usai lebaran, karena lambatnya laporan pemberkasan dokumen ke kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK).

Kabid Penataan Kerjasama Administrasi Pemerintahan Mukim dan Kampung, Dinas PMK Aceh Singkil Rustam, Selasa (4/5/2021) kepada wartawan, mengatakan proses pencairan ADK APBK tahap pertama akibat lambatnya penyelesaian berkas dokumen.

"Dari 116 desa Sekabupaten Aceh Singkil, baru 23 Desa yang direkomendasikan untuk pengajuan ke kantor Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK)," ujar Rustam.

Menurut pihak kantor BPKK, kata Rustam, proses pengajuan waktu limit pengajuan hari Kamis (6/5/2021) merupakan terakhir batas pengajuan, untuk pengajuan proses pencairan selanjutnya setelah lebaran.

"Dan ini pun berkas pengajuan kalau sudah lengkap, belum tentu juga diterima," ujarnya.

Rustam menyebutkan, keterlambatan pengajuan proses pencairan tahap pertama, karena pemerintah desa lama melengkapi dokumen.

"Padahal jauh hari tanggal 14 April 2021 sudah menyampaikan ke desa supaya perangkat desanya segera melengkapi persyaratan administrasi ADK-APBK tahap pertama," ucapnya.

Dinas PMK juga sudah melayangkan surat ke 116 Desa yang tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil pada tanggal 14 April 2021 untuk datang ke kantor Camat Singkil dan para Kepala Kampung dalam Kabupaten Aceh Singkil.

Surat itu berisikan sesuai dengan surat keputusan Bupati Aceh Singkil tentang penetapan pagu definitif tahap satu ADK dan alokasi bagi hasil pajak dan retribusi daerah.

Berkenaan perihal tersebut Camat diminta mengintruksikan para keuchik untuk mempersiapkan dokumen terlampir.

|KHAIRUMAN

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...