Unduh Aplikasi

Penanggulangan Wabah Covid-19 Butuh Kerja Sama Seluruh Pihak

Penanggulangan Wabah Covid-19 Butuh Kerja Sama Seluruh Pihak
Zaini Djalil. Foto: Ist

BANDA ACEH - Ketua DPW Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil, menilai pemerintah telah melakukan beberapa kebijakan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona yang semakinmeningkat di Indonesia, termasuk di Aceh.

Namun kata dia, beberapa pihak terkesan justru tidak mendukung pemerintah dalam upaya ini, sehingga penerapannya tidak bisa dilakukan secara maksimal. Bahkan beberapa hal terjadi penolakan, yang berimplikasi pada tidak efektifnya implimentasi dari kebijakan tersebut.

Menurutnya, sat ini yang paling penting adalah mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam hal penanganan virus corona. Meski harus diakui, tidak seluruh kebijakan sempurna, mungkin saja ada kekurangan. Namun masukan yang diberikan adalah untuk menyempurnakan realisasi kebijakan tersebut. Bukan Kritik apalagi nyinyir berlebihan, yang tujuannya adalah mencari kekurangan untuk menderus kepercayaan publik terhadap pemerintah. sehingga setiap kebijakan pemerintah
dianggap salah. Kritik begitu akan membuat pemerintah semakinsalah kaprah dan bingung dalam menjalankan setiap kebijakannya.

"Seharusnya, dalam masa - masa begini, kita harus membuat pemerintah lebih percaya diri agar langkah yang diambil menjadi semakin baik dan tepat. Sehingga upaya penanggulangan wabah bisa lebih baik. Menurut kami, baiknya seluruh elemen masyarakat jeda dulu menggunjing pemerintah, kita harus saling kerjasama dan fokus dalam menangani musibah ini," katanya.

Tak terkecuali para politisi yang merupakan bagian tak terpisahkan dari elemen masyarakat, harus ikut bertanggung jawab dalam memberi kontribusi dan masukan agar pemerintah bisa mengambil kebijakan yang cepat, tepat dan tuntas.

Dia juga meminta Pemerintah harus cepat tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Jangan hanya diminta patuhi setiap imbauan dan kebijakan yang dikeluarkan saja. tapi juga harus dibarengi dengan pemenuhan kebutuhan yang diperlukan saat menjalankan kebijakan tersebut.

Kata dia,  pemerintah juga harus memprioritaskan membantu kebutuhan masyarakat, bahkan mungkin tidak tertutup kemungkinan dalam bentuk bantuan sembako maupun uang, ke masyarakat bawah yang terkena dampak dari kebijakan memerangi wabah ini. Sebagai konsekuensi melakukan pembatasan gerak bagi masyarakat. Tentunya dengan berkoordinasi dengan aparatur gampong se-Aceh.

"Proses karantina bagi masyarakat yang sudah berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) haruslah lebih serius, dengan menyediakan dan menfasilitasi tempat2 karantina di seluruh kabupaten/kota atau mungkin kecamatan. Serta pastikan juga ketersediaan kebutuhan tenaga medis, baik berupa Alat Pelindung Diri (APD) maupun kebutuhan lainnya agar penanganan ini bisa berjalan secara maksimal. Artinya untuk tahun ini anggaran benar-benar difokuskan pada penanganan Pandemi Covid-19," katanya.

Komentar

Loading...