Unduh Aplikasi

Penanggulangan Bencana di Aceh Butuh Dana Rp 1,13 Triliun

Penanggulangan Bencana di Aceh Butuh Dana Rp 1,13 Triliun

PIDIE - Deputi Rehabilitasi dan rekonstruksi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Harmensyah menyebutkan, lima sektor mengalami kerusakan insfrastruktur akibat gempa di Aceh sehingga diperkirakan membutuhkan dana Rp 1,13 Triliun untuk rehabilitasi dan rekontruksi.

“Ada lima sektor mengalami kerusakan insfrastruktur di Aceh, meliputi sektor infrastruktur, ekonomi, dosial, pemukiman, dan lintas sektor,” kata Harmensyah saat Rakor pembahasan rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa Aceh di Aula Bapeda Pidie Senin (19/12).

Sambungnya, prioritas pembangunan utama yang dibutuhkan sekarang ini adalah rumah penduduk yang mengalami rusak berat dan rusak, hal itu sesuai dengan intruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Pak Jokowi telah memerintahkan langsung kepada BNPB untuk segera memperioritaskan pembangunan pada rumah warga, setelah itu sekolah dan rumah ibadah,” ujarnya.

Harmensyah mengatakan, untuk masa tanggap darurat akan diperpanjang dari darurat menjadi transisi darurat, karena masih banyak urusan penting dengan pengungsian dan pembangunan infrastruktur penting lainnya seperti rumah sekolah.

Pantauan AJNN, renaksi tersebut dihadiri dari perwakilan tiga kabupaten yang terdampak gempa seperti Plt. Bupati Pidie, Munawar A. Djalil, Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi, dan Plt Bupati Bireun, Ir Mukhtar M.Si, serta dinas-dinas terkait pembangunan pasca gempa Aceh.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...