Unduh Aplikasi

Pemuda dan Mahasiswa Pasee Desak Pemerintah Selamatkan Qanun Aceh

Pemuda dan Mahasiswa Pasee Desak Pemerintah Selamatkan Qanun Aceh
Pemuda dan Aliansi Mahasiswa saat melakukan aksi demo di Kantor DPRK Lhokseumawe.Foto: Sarina

LHOKSEUMAWE – Sejumlah Aliansi Mahasiswa dan Pemuda wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara (Pasee) berunjuk rasa di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Lhokseumawe, Kamis (8/8). Dalam aksi tersebut pihaknya mendesak pemerintah menyelamatkan Qanun Aceh.

Koordinator Aksi, Zubaili mengatakan, dalam hal ini pihaknya walaupun perwakilan dari pemuda-pemuda Aceh, akan tetapi semua ini merupakan keinginan bangsa dan pemuda di Aceh. oleh karena itu mereka mendesak Pemerintah Pusat mengeluarkan keputusan tentang Milad MoU Helsinki setiap tahun dan masukkan tanggal itu ke hari libur nasional.

“Kenapa, karena ini merupakan hari yang sangat bersejarah untuk bangsa Indonesia, karena disaksikan langsung oleh dunia internasional,” katanya saat melaksanakan aksi di Kantor DPRK Lhokseumawe.

Massa juga mendesak Pemerintah Aceh untuk mengeluarkan keputusan intruksi pengibaran bendera Aceh, karena bendera Aceh bukanlah bendera sparatis di lingkungan masyarakat dan Pemerintah Aceh berdasarkan qanun nomor 3 tahun 2013. Qanun yang lain memang penting, akan tetapi lebih penting lambang dan bendera, karena itu merupakan indentitas diri bangsa Aceh.

“Itu juga merupakan sejarah Aceh, merupakan darah bangsa Aceh yang sudah dikorbankan oleh yang sudah terdahulu, jika memang tidak, sudah kami koordinasikan hampir seluruh Aceh bahkan mahasiswa dan pemuda di luar Aceh dan kami sangat serius dalam hal ini untuk turun langsung ke Banda Aceh dan kami akan menuntut. Bila mereka tidak sangggup, mereka harus turun dari jabatan, agar bangsa Aceh sendiri yang membuat aturan di Aceh,” ungkapnya.

Pihaknya juga meminta kepada DPRA mendesak DPR RI untuk merevisi UUPA, karena UUPA sekarang dianggap keliru atau bertentangan dengan MoU Helsinki. Dan pihaknya juga mendesak Pemerintah Pusat agar serius dalam menjalankan atau merealisasikan butir-butir MoU yang sudha tercantum dan ditandatangani oleh kedua pihak dan disaksikan oleh dunia internasional.

Komentar

Loading...