Unduh Aplikasi

Pemko Banda Aceh miliki mobil Damkar canggih

BANDA ACEH-Pemerintahan Aceh menyerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) canggih seharga Rp 16, 899 miliar kepada Pemerintah Kota Banda Aceh.

Mobil Damkar tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah kepada Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE di halaman depan Kantor Gubernur Aceh, Rabu (17/12/2014).

Mobil Damkar bertangga lipat setinggi 33 meter tersebut merupakan bantuan dari Pemerintahan Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) yang bersumber dari dana Otsus, berdasarkan permohonan bantuan dari Pemko Banda Aceh.

Gubernur Aceh dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Kota Banda Aceh patut berbangga atas penyerahan mobil Damkar tersebut. "Pemko Banda Aceh merupakan kota kedua setelah DKI Jakarta di Indonesia yang memiliki mobil tercanggih dalam penanganan masalah kebakaran."

Pria yang akrab disapa Doto Zaini ini berharap kepada Pemko Banda Aceh agar merawat dan memelihara dengan sebaik-baiknya mobil Damkar tersebut. "Dengan hadirnya mobil tersebut, semoga penanganan musibah kebakaran di Kota Banda Aceh maupun Aceh Besar bisa lebih maksimal," katanya.

Zaini menambahkan, melihat kondisi Kota Banda Aceh saat ini, dengan jumlah penduduk yang semakin hari semakin bertambah, maka sudah sepatutnya Kota Banda Aceh memiliki fasilitas sebuah mobil Damkar yang canggih. "Jika dibutuhkan, mobil tersebut juga bisa dioperasikan ke kabupaten dan kota lain," katanya lagi.

Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal, pada kesempatan itu, atas nama Pemko dan warga Kota Banda Aceh memberi apresiasi kepada Gubernur Aceh yang telah membantu mobil Damkar yang dilengkapi CCTV 40x zoom tersebut.

"Pemko Banda Aceh telah meminta bantuan mobil Damkar sejak 2007 dan baru tahun ini terpenuhi. Karena itu kami sangat berterimakasih, kesabaran kami membuahkan hasil," kata wali kota seraya menambahkan, Pemko Banda Aceh sebelumnya sudah memilik 11 armada Damkar.

Namun, kata Illiza, jumlah tersebut masih dirasa kurang karena selain dioperasikan di dalam Kota Banda Aceh, ke-11 armada tersebut juga sering digunakan untuk wilayah Aceh Besar. "Kebakaran merupakan bencana terbesar setalah banjir di Indonesia. Semoga dengan adanya mobil ini, bencana kebakaran bisa lebih cepat diatasi."

Acara serah terima mobil Damkar canggih tersebut diakhiri dengan simulasi yang ikut disaksikan antara lain oleh Kepala Dinas Pendapatan dan Kekayaan Aceh Muhammad MM, Asisten Administrasi Umum Setda Aceh Muzakkar, Kepala Biro Umum Setda Aceh T Aznal, Kepala Biro Humas Dr Mahyuzar dan Kabag Humas Pemko Banda Aceh Drs Marwan.

SP


Komentar

Loading...