Unduh Aplikasi

Pemkab Pidie Sudah Gunakan Dana BTT Rp 5,1 Miliar

Pemkab Pidie Sudah Gunakan Dana BTT Rp 5,1 Miliar
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie merilis data penggunaan anggaran belanja tak terduga untuk penanganan Virus Corona (Covid-19) yang bersumber dari Alokasi Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Pidie 2020 yang dianggarkan sebesar Rp 10 miliar.

Kepala BPBD Pidie Dewan Ansari kepada AJNN, Selasa (15/9) menyebutkan, penggunaan dana BTT mencapai Rp 5,1 miliar lebih dari total anggaran sebesar Rp 10 miliar. Penggunaan dana tersebut untuk kegiatan penanganan Covid-19, apalagi Kabupaten Pidie saat ini masuk dalam katagori zona merah karena bertambahnya kasus Covid-19.

"Dana BTT sudah dialokasikan ke beberapa instansi pemerintah seperti, Dinas Kesehatan, RSUD Tgk Chik Ditiro, RSUD Abdullah Syafi'i, Dinas Perkim, Dinas Syariat Islam, Dinsos, BPBD dan termasuk untuk pelaksanaan kegiatan TNI/Polri," ujarnya.

Ansari menuturkan, dalam hal ini BPBD hanya sebatas menerima usulan kegiatan yang dilaksanakan seperti razia masker maupun untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker.

"BPBD mengusulkan untuk dilakukan pencairan dana melalui dinas keuangan berdasarkan permohonan yang diajukan kepada Ketua Satgas penanganan Covid-19 Pidie," kata Ansari.

Pengeluaran dana BTT, jelas Ansari, juga tidak menentu, kemungkinan bisa bertambah dan berkurang tergantung kondisi di lapangan, dalam hal ini BPBD hanya sebatas menerima usulan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan.

"Dalam Inpres penggunaan dana covid-19 sudah jelas pemanfaatannya jadi tinggal menginplementasikan saja sesuai kebijakan daerah," cetusnya.

Komentar

Loading...