Unduh Aplikasi

Pemkab Pidie Dikritik Terkait Konflik Kepentingan Objek Wisata Mentak Tari

Pemkab Pidie Dikritik Terkait Konflik Kepentingan Objek Wisata Mentak Tari
Lokasi objek wisata Mentak Tari. Foto: Ist

PIDIE - Praktisi hukum asal Pidie, Muharramsyah angkat bicara menyangkut masih ditutupnya akses jalan menuju objek wisata bahari Mentak Tari di Kecamatan Simpang Tiga, Pidie. Untuk diketahui, jalan tersebut masih diblokir karena konflik kepentingan antara sekelompok warga, sehingga belum dapat dikunjungi oleh pengunjung.

Pantai Mentak Tari direncanakan pemerintah adalah untuk tempat wisata, yang informasinya sampai dengan saat ini sudah dikucurkan anggaran untuk pembangunan fisik, namun pemerintah tidak mempersiapkan dulu Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat ada disekitar lokasi wisata tersebut.

"Yang lebih penting seharusnya pemerintah mempersiapkan dulu SDM masyarakat sekitar dalam rangka optimalisasi pengembangan wisata" kata Praktisi hukum Muharramsyah, Kamis (15/8).

Kalau persoalan pembangunan fisik, kata Muharram, itu gampang, tetapi kalau mindset masyarakatnya belum siap dan kesepakatan dengan pemerintah belum tercapai, maka semegah apapun bangunan fisik yang dibangun pemerintah akan menjadi sia-sia.

Baca: Lokasi Wisata Bahari Mentak Ditutup, Pedagang Datangi Disparbudpora Pidie

"Jika sampai detik ini Kadis Parbudpora atau Kabid Pariwisata Pidie tidak mampu menyelesaikan masalah penutupan pantai itu oleh warga, sebaiknya mengundurkan diri jabatan," ujarnya.

Menurut Muharram, pekerjaan pemerintah bukan hanya membangun fisik di lokasi wisata, tetapi harus mampu memfasilitasi setiap kepentingan masyarakat, sehingga jikapun lahir bibit-bibit konflik, maka dapat dengan cepat diselesaikan.

Contohnya, kata Muharramsyah, soal peran pemuda, peran masyarakat, kebersihan, keamanan, biaya parkir, biaya masuk, dan lain sebagainya, yang semuanya itu bisa disepakati dan dituangkan dalam Qanun Gampong.

"Pemerintah seharusnya membangun pola pikir masyarakat sadar wisata dan sadar hukum, sehingga mereka betul-betul siap pada saat menyambut pengunjung yang datang kelokasi wisata," tegas Muharram.

Komentar

Loading...