Unduh Aplikasi

Pemkab Pidie Bentuk Tim Relawan Covid-19 di Setiap Gampong

Pemkab Pidie Bentuk Tim Relawan Covid-19 di Setiap Gampong
Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud. Foto: Ist

PIDIE-Pemerintah Kabupaten Pidie mulai membentuk tim relawan di setiap gampong untuk penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) agar tidak meluas.

Wakil Bupati Pidie Fadlullah TM Daud kepada AJNN, Senin (30/3) mengatakan, pembentukan tim relawan di gampong-gampong agar dapat membentengi gampong dalam hal penanggulangan virus vorona.

“Tim relawan ini melibatkan keusyik, apratur dan tokoh-tokoh masyarakat setempat, yang pasti tim relawan ini harus dibentuk dalam waktu sesegera mungkin,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pidie juga bakal mengeluarkan surat edaran tentang pemanfaatan Dana Desa (DD) untuk penanganan virus corona.

“Ya minimal Rp 50 juta dana gampong harus difokuskan untuk penanganan virus tersebut,” ujarnya.

Anggaran gampong juga dapat dimanfaatkan untuk penanganan sosial ekonomi terhadap warga dalam status orang dalam pemantauan (ODP).

“Untuk keluarga yang memang ODP dan diisolasi di rumahnya, ya pasti nanti gampong harus memikirkan itu dengan dana gampong,” ujarnya.

Fadhlullah mengimbau kepada warga Pidie yang baru pulang dari luar daerah yang terpapar Covid-19, hendaknnya melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing di bawah pemantauan petugas dinas kesehatan.

“Karena virus corona ini tidak terlihat, jadi kita tidak tahu mungkin ada diantara mereka yang terpapar, jadi sebaiknya mereka harus koorperatif demi menjaga diri dengan isolasi di rumah supaya lebih cepat terdeteksi terpapar atau tidak. Harapan kita mereka yang pulang ini dalam keadaan sehat,” cetus Fadhlullah.

Diketahui, Plt Gubernur Aceh telah mengeluarkan surat nomor 440/5458 tertanggal 27 Maret 2020 yang ditujukan kepada 23 kepala daerah di Aceh. Plt Gubernur Aceh meminta posko daerah menyediakan sembako untuk mereka yang terkena dampak ekonomi sosial dengan paket sembako senilai Rp 200 ribu yang terdiri dari beras, mie instan, sarden, minyak makan dan gula.

Dalam surat ini, Nova Iriansyah juga meminta adanya pemantauan terhadap warga yang baru kembali dari perjalanan luar daerah, melaksanakan patroli dan pengawasan tempat keramaian terutama di pasar dan tempat publik lainnya.

 

Komentar

Loading...