Unduh Aplikasi

Pemkab Awasi Ketat Warga Asing yang Berinvestasi di PidieĀ 

Pemkab Awasi Ketat Warga Asing yang Berinvestasi di Pidie 
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE - Pemerintah Kabupaten Pidie akan melakukan pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang akan berinvestasi di wilayah Kabupaten Pidie, untuk dapat menjamin terpeliharanya stabilitas kepentingan nasional dan daerah dari dampak negatif yang mungkin timbul di kemudian hari. 

"Kehadiran orang asing untuk berinvestasi memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah. Namun dampak negatifnya juga harus diwaspadai," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie Idhami membuka rapat Koordinasi Tim Pengawas Orang Asing di Kabupaten Pidie, di Oproom Kantor Bupati Pidie, Kamis (8/10).

Idhami menambahkan, keberadaan orang atau WNA yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak.

"Dilihat dari posisi yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang, maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab, misalnya perdagangan manusia (human trafficking), penyelundupan manusia serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah,” jelas Sekda Pidie.

Sekda Pidie berharap dengan kegiatan tersebut dapat menjamin terpeliharanya stabilitas kepentingan Nasional dan Daerah dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat perlintasan orang antar negara, keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah NKRI khususnya Kabupaten Pidie.

"Dengan diselenggarakannya rapat ini, diharapkan dapat menyamakan persepsi sebagai Tim Pengawasan Orang Asing, dengan demikian maka akan mendapatkan data dan informasi tentang keabsahan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Pidie sesuai dengan bidang dan tugas masing - masing," tutupnya.

Sesuai dengan Pasal 62, Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, pengawasan keimigrasian meliputi pengawasan terhadap Warga Negara Indonesia dan pengawasan terhadap Warga Asing. Pengawasan terhadap Warga Negara asing meliputi pengawasan lalu lintas orang asing yang masuk atau keluar wilayah Indonesia, serta pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia.

Daam kegiatan tersebut juga turut hadir Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh, Telmaizul Syatri, Kepala Divisi Keimigrasian Aceh, Herdaus. Para Kepala Dinas terkait dalam Kabupaten Pidie, serta perwakilan instansi vertikal di Kabupaten Pidie. 

Komentar

Loading...