Unduh Aplikasi

Pemkab Agara dan Tanah Karo Sepakati Pasang Patok Tapal Batas Aceh-Sumut

Pemkab Agara dan Tanah Karo Sepakati Pasang Patok Tapal Batas Aceh-Sumut
Proses pemasangan patok tapal batas Aceh-Sumatera Utara. Foto: AJNN/RIKI.

ACEH TENGGARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara (Agara) Provinsi Aceh bersama Pemkab Tanah Karo, Sumatera Utara sepakati pemasangan patok tapal batas provinsi Aceh - Sumut .

Firman Desky, Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Aceh Tenggara mengatakan, tim yang terdiri dari tim garda batas Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi Aceh, bersama tim Kabupaten Aceh Tenggara dan tim Pemkab Tanah Karo Sumatera Utara, telah menyepakati memasang patok tapal batas Provinsi Aceh dengan Provinsi Sumut.

Patok tapal batas yang dipasang di Kecamatan Leuser, Kamis lalu pada (9/4/2021), terletak di Desa Kane Mejile, Desa Lawe Tawakh, Gunung Pak Pak, dan Desa Bintang Alga. 

"Pemasangan Patok tapal batas ini bertujuan untuk menciptakan kepastian hukum, sesuai dengan Keputusan Permendagri Tahun 2020 tentang batas Provinsi Aceh-Sumut di Kabupaten Aceh Tenggara,"  kata Firman kepada AJNN, Sabtu (10/4/2021).

Proses pemasangan patok tapal batas, dilakukan oleh utusan kedua  pihak Pemkab diantaranya, Assisten I Setdakab, Ali Surachman, Camat Leuser Mustafa Kamal, Kadis Pertanahan, Muhammad Ridwan, Pos Ramil Leuser. Dari Pemkab Tanah Karo ada Kabag Tata Pemerintahan Tanah Karo, Caprilius, Camat Mardingding Hasbel dan Camat Lau Baleng Kabupaten Tanah Karo.

"Dengan selesainya masalah tapal batas ini, perbedaan pendapat yang selama puluhan tahun terjadi, mudah-mudahan kini bisa selesai,” ujarnya.

Sementara itu , Mustafa Kamal, Camat Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara kepada AJNN (10/4/2021) mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung pemasangan patok tapal batas itu, karena dapat memudahkan perencanaan dan pembangunan, serta sudah dapat menentukan luas lahan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Tapal batas dapat memudahkan perencanaan dan  pembangunan serta dapat  memudahkan pula untuk menentukan luas lahan PBB dan lainnya disebabkan pemasangan tampal batas tersebut," kata Mustafa Kamal Camat Leuser.

|RIKI

Komentar

Loading...