Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Utara Minta TKI yang Pulang Wajib Lapor dan Harus Jujur

Pemkab Aceh Utara Minta TKI yang Pulang Wajib Lapor dan Harus Jujur
ilustrasi. Foto: Net

ACEH UTARA - Beredar kabar sejumlah warga Aceh Utara yang saat ini menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berkerja di Negeri jiran Malaysia akan kembali ke daerah dalam waktu dekat.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara meminta kepada setiap warga yang pulang harus jujur dan wajib melapor ke Satuan Tugas Gampong dan dari sana akan dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

“Kami akan terus memantau setiap TKI yang pulang dari luar negeri dan juga warga Aceh Utara yang pulang dari luar daerah,” kata Kabag Humas Aceh Utara, Andree Paryuda kepada AJNN, Sabtu (28/3).

Dikatakan Andree, pihaknya juga sudah membuat Satuan Tugas di Gampong-Gampong, sehingga Satgas tersebut yang akan mendata setiap warga yang pulang. Dan mereka wajib melaporkannya.

“Kami tidak mungkin melarang mereka pulang ke daerah asalnya. Namun, mereka ketika sampai di daerah harus punya kesadaran untuk melaporkan diri,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta keluarga dan masyarakat harus jujur, apabila memang statusnya ODP, maka segera isolasi diri di rumah selama 14 hari. Karena belajar dari pengalaman salah satu desa yang keluarganya tidak jujur sehingga orang lain menjadi korban.

“Maka perlu kami wanti-wanti dan imbau, mohon dukungan dan kerjsamanya, karena kalau masyarakat tidak mengindahkan, semuanya akan sia-sia,” ungkapnya.

Disinggung soal lokasi karantina untuk TKI, Andree menjawab, kalau hal tersebut saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dan melakukan persiapan terlebih dulu untuk mencari tempat dan lokasinya.

“Saat ini kami tidak berani bilang apa-apa dulu, karena lagi jalan prosenya. Kalau sudah jelas baru kami umumkan,” imbuhnya.

Komentar

Loading...