Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Selatan Lakukan Rapid Test Massal

Pemkab Aceh Selatan Lakukan Rapid Test Massal
Rapid test massal di Aceh Selatan. Foto: For AJNN

ACEH SELATAN - Jelang tatanan new normal yang akan diterapkan di Kabupaten Aceh Selatan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (covid-19) kabupaten setempat melakukan rapid test massal, yang dimulai Senin (8/6) hingga 15 Juni.

Untuk tahap awal rapid test dilakukan di instansi pemerintahan yang melakukan pelayanan secara langsung seperti Kantor Pelayanan, Perizinan Terpadu Satu Pintu (KTPPSP), Dinas Kependudukan, dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan, Novi Rasmita, mengatakan rapid test akan dilakukan bertahap sebelum berlakunya tatanan new normal.

“Persedian alat rapid test dari gugus tugas dan bantuan dinas kesehatan provinsi,” kata Novi Rasmita.

Untuk rapid test yang dilakukan di KTPPSP, pihaknya mengambil sample terhadap lima orang, dan di Disdukcapil sebanyak enam orang.

Dalam rapid test yang dilakukan itu, pihaknya terlebih dahulu melakukan wawancara terhadap riwayat perjalanan, setelah itu petugas dilengkapi dengan Alat pelindung Diri (APD) baru mengambil sample darah.

“Dari hasil pemeriksaan sementara belum ditemukan adanya kasus, namun jika ditemukan hasil pemeriksan rapid test reaktif, maka akan dilakukan tes lanjutan swab” ungkapnya.

Tidak hanya untuk instansi pemerintahan, pihaknya juga akan melakukan terhadap para traveller atau yang melakukan perjalanan, serta bagi anggota keluarga yang di dalam riwat rumah tersebut ada anggota keluarga sering melakukan perjalanan daerah zona merah.

Komentar

Loading...