Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Selatan Imbau Warganya di Perantauan Tunda Pulang Kampung

Pemkab Aceh Selatan Imbau Warganya di Perantauan Tunda Pulang Kampung
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan, Nasjuddin. Foto: Net

ACEH BARAT - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan meminta kepada warga Kabupaten setempat yang saat ini berada di perantauan untuk tidak mudik sementara waktu.

Imbauan tersebut sesuai dengan surat yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten setempat bernomor 440/423/2020 tanggal 30 Maret 2020, ditandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten setempat, Nasjuddin.

Surat imbauan untuk tidak mudik sementara waktu, dikeluarkan berdasarkan hasil rapat tim Gugus Tugas Penanggulangan Corona Virus Disease atau Covid-19.

Sekda Kabupaten Aceh Selatan Nasjuddin, membenarkan atas surat imbauan kepada warga perantauan untuk tidak mudik ke kampung halaman sementara waktu.

"Iya betul. Tapi ini imbauan bukan larangan. Kita mengimbau menyusul pernyataan dari Gubernur Aceh juga dan menindak lanjutinya," kata Nasjuddin, kepada AJNN, Senin, (30/3).

Dikatakan Nasjuddin, imbauan yang dikeluarkan bertujuan memutuskan matarantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten itu, lantaran menurutnya bisa saja warga perantau yang kembali ke Kabupaten setempat berasal dari daerah endemi virus SARS-CoV-2.

Namun demikian, kata dia, pihaknya tetap tidak bisa melarang adanya warga Kabupaten tersebut yang pulang ke daerah. Namun jika dipaksakan pulang pihaknya akan melakukan pemantauan dan diwajibkan melakukan isolasi mandiri.

"Kalau mereka pulang kan kita tidak bisa larang. Tapi jika mereka berada disini maka akan masuk dalam daftar Orang Tanpa Gejala (OTG). Dan akan kita pantau, maka mereka harus isolasi mandiri tidak dibiarkan kemana-mana hingga empat belas hari," sebutnya.

Untuk imbauan tidak pulang kampung itu, dikatakannya berlaku hingga Covid-19 tersebut berakhir di Indonesia.

Komentar

Loading...