Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Jaya Siapkan Ruang Isolasi Mandiri Untuk Petugas Medis

Pemkab Aceh Jaya Siapkan Ruang Isolasi Mandiri Untuk Petugas Medis
Sekda Aceh Jaya, Mustafa yang didampingi Jubir Gugus Tugas Covid-19, Idham sedang meninjau pembangunan ruang isolasi mandiri Covid-19. Foto: Ist.

ACEH JAYA - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya sedang mempersiapkan ruang isolasi mandiri khusus untuk para petugas medis dan masyarakat yang terdampak wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Tempat Isolasi mandiri yang sedang di garap oleh Pemkab tersebut sebelumnya merupakan bekas kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Perempuan Keluarga Berencana (DPMPKB) Aceh Jaya yang terletak di Desa Bahagia, Kecamatan Krueng Sabee, Kota Calang, Kabupaten Aceh Jaya, Minggu (8/11).

"Tempat ini sedang kita persiapkan untuk ruang isolasi mandiri Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19, saat ini sudah 4 kamar sudah siap dikerjakan," kata Sekda Aceh Jaya, Mustafa.

Sementara total ruangan yang akan disiapkan sebanyak 19 kamar dan 4 sudah selesai dikerjakan lebih awal guna untuk persiapan launching, sedangkan sisanya akan selesai pada akhir November 2020.

"Insha Allah pada akhir bulan ini akan siap pengerjaannya 100 persen," ujar Mustafa.

Selain itu, fasilitas dalam kamar juga juga akan dilengkapi nantinya baik itu berupa tempat tidur, AC, TV dan fasilitas pendukung lainnya.

"Kita siapkan layaknya fasilitas kamar hotel nantinya, sehingga pasien atau tenaga medis yang sedang menjalani isolasi mandiri di sini benar-benar bisa merasa nyaman," terangnya.

Sementara itu, Jubir Gugus Covid-19 Kabupaten Aceh Jaya, Idham juga menerangkan bahwa untuk mempersiapkan ruang isolasi mandiri ini ada dua sumber anggaran, baik itu dari bantuan dari provinsi (APBA) maupun dari APBK Aceh Jaya itu sendiri.

"Kalau bantuan dari Provinsi yang berada di Dinas Kesehatan kabupaten Aceh Jaya itu anggarannya untuk menyiapkan empat tempat tidur dan ruang petugas. Sementara dari APBK Aceh Jaya yang berada di Dinas DPKK itu anggarannya untuk mengelola 30 tempat tidur atau 15 ruangan," ungkap Idham.

"Jadi totalnya ada 15 ruangan dengan kapasitas 36 tempat tidur," tambahnya.

Dengan demikian pihaknya berharap kedepan dengan adanya tempat isolasi mandiri ini dapat menampung OTG Covid-19 yang lebih layak dan nyaman, sedangkan bagi pasien Covid-19 dengan gejala akan tetap dilakukan perawatan di rumah sakit.

"Jadi selain untuk para petugas medis, tempat ini nantinya juga kita siapkan bagi pasien yang tidak mampu atau tidak layak isolasi mandiri di rumah," pungkasnya.

Komentar

Loading...