Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Jaya Didesak Buka Kembali Proses Belajar Tatap Muka

Pemkab Aceh Jaya Didesak Buka Kembali Proses Belajar Tatap Muka
Ketua LSM Kita Peduli, Abdo Rani. Foto: AJNN

ACEH JAYA - Mengingat banyaknya keluhan masyarkat yang menginginkan Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka untuk dapat dibuka kembali di Aceh Jaya pada semua tingkatan sekolah.

Oleh sebab itu, LSM Kita Peduli mendukung penuh wacana pembukaan kembali PBM tatap muka untuk SMA sederajat serta mendesak Pemkab Aceh Jaya melalui dinas pendidikan dan instansi terkait untuk membuka kembali belajar tatap muka baik ditingkat SMP maupun ditingkat PAUD.

"Aceh Jaya kan sudah ada Perbub Prokes No 48 tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan dan pengendalian wabah penyakit Covid-19 di Aceh Jaya, jadi semua sudah tertuang di dalam perbub tersebut," kata Ketua LSM Kita Peduli, Abdo Rani kepada AJNN, Kamis (22/10).

Selain itu, pihaknya juga mendapati bahwa saat ini masih banyak anak kurang mendapat pengawasan ketat dari orang tuanya disaat sekolah sedang libur atau pembelajaran secara Daring.

"Anak baru mendapat pengawasan apabila orang tuanya itu sering berada di rumah, sementara bagi orang tua yang bekerja diluar, kegiatan bermainnya tidak terkontrol," terang Abdo.

Seharusnya Dinas Pendidikan Aceh Jaya, selaku penanggung jawab pelaksanaan pendidikan di Aceh Jaya harus lebih peka dalam membangun dunia pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Pihaknya juga mendorong sekolah untuk dibuka kembali PMB tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti mengenakan masker dan mengatur bangku serta meja agar tetap menjaga jarak.

"Jelas bahwa risiko yang lebih besar bagi masyarakat kita adalah dengan menutup sekolah-sekolah ini," tegasnya.

Memang tidak ada satu manusia pun bisa menjamin mereka lebih aman di rumah ataupun di sekolah, tapi setidaknya mereka sudah berada pada orang - orang yang tepat untuk mendapatkan pendidikan yang layak bagi generasi penerus bangsa," pungkas Abdo.

Komentar

Loading...