Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Barat Tingkatkan Komunikasi Antar Tokoh Agama

MEULABOH - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan memanggil seluruh tokoh agama dan tokoh Pemuda di kabupaten itu untuk mencegah terjadinya konflik agama seperti yang terjadi Kabupaten Aceh Singkil.

Bupati Aceh Barat, H.T Alaidinsyah kepada sejumlah wartawan, Rabu (14/10) mengatakan pemanggilan tersebut dilakukan untuk memperkuat komunikasi sehingga tidak terjadinya provokasi di kabupaten itu. Pernyataan itu dikeluarkan  menjelang lawatannya ke Malaysia hari ini.

"Sepulang saya dari Malaysia nanti akan kita panggil semua baik itu tokoh agama, tokoh pemuda dan pihak terkait lainnya untuk membicarakan persoalan ini," ujarnya.

Ia menambahkan, selama ini hubungan antar umat beragama di kabupaten itu berjalan baik. Bahkan, demi kenyamanan, prosesi ibadah selama ini dikawal petugas kepolisian.

"Info yang saya dapat dari Kapolres selama ini ada piket di sana (rumah ibadah)," kata dia.

Selain itu menurutnya di Aceh Barat juga telah terbentuk Forum Komuniasi Antar Umat Beragama (FKUB) yang selama ini menjadi wadah untuk menjaga toleransi antar umat beragama.

Hal lain yang juga dilakukan selama ini, kata dia, pemerintah Aceh Barat selalu membahas persoalan-persoalan  terkait SARA bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkumpinda) sehingga ada pencegahan dini agar tidak terjadinya konflik.

| DARMANSYAH MUDA
IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...