Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Barat Siapkan Anggaran Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadan

Pemkab Aceh Barat Siapkan Anggaran Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadan
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako jelang bulan suci Ramadan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyiapkan anggaran khusus dalam rangka stabilitas harga kebutuhan pokok agar tidak terjadi lonjakan.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Aceh Barat, Husaini, mengatakan anggaran yang disiapkan tersebut nantinya akan dilakukan untuk kebutuhan pasar murah. Namun, pihaknya sedang mencari pola yang aman dalam menggelar pasar murah agar tidak terjadi kerumunan warga.

"Sebelumnya kami memang sempat gelar pasar murah selama tiga hari dan menyasar tiga kecamatan. Tapi karena ada intruksi dari pusat, provinsi dan daerah kemudian kami hentikan. Kami sedang lihat cara yang akan diterapkan jika terjadi lonjakan harga. Yang jelas kami tetapkan anggarannya," kata Husaini, Jumat (10/4).

Dikatakannya, sejak wabah Coronavirus Disease (Covid 19) terjadi, pihaknya tidak bisa sembarangan menggelar pasar murah yang bisa memperparah penyebaran Covid-19 tersebut.

Ia mengungkapkan saat ini harga-harga kebutuhan pokok di Aceh Barat relatif stabil, seperti harga gula yang sudah turun menjadi Rp 20 ribu per kilogram.

"Kalau nanti kami buat operasi pasar, ada empat atau lima mata barang yang menjadi perhatian kami, seperti minyak goreng, beras, telur, gula pasir. Saat ini barang-barang sudah kami pesan tinggal cari formatnya saja," ujarnya.

Komentar

Loading...