Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Barat Salurkan Rp 7,64 Miliar Dana ZIS untuk Senif Fakir Miskin

Pemkab Aceh Barat Salurkan Rp 7,64 Miliar Dana ZIS untuk Senif Fakir Miskin
Penyerahan zakat tahap awal oleh Bupati Aceh Barat, Ramli MS, pada Selasa, (23/3) kemarin di halaman Kantor Camat Sungai Mas. Foto: IST.

ACEH BARAT- Jelang menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah yang akan dimulai pada 13 April 2021 Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mulai menyalurkan Zakat, Infaq dan Sadakah (ZIS) bagi fakir miskin di Kabupaten itu.

Adapun jumlah ZIS yang disalurkan pada tahun ini berjumlah Rp 7,64 miliar dari total penerimaan ZIS tahun mencapai Rp 12 miliar di lembaga Baitul Mal Aceh Barat.

Adapun jumlah senif fakir miskin penerima zakat pada tahun ini berjumlah 13.005 orang yang dibagi dalam tiga senif, dengan rincian fakir berjumlah 4.730 orang, miskin 7.306 orang dan Baitul Mal Gampong sebanyak 969 orang yang tersebar di 12 kecamatan di kabupaten Aceh Barat. 

Untuk tahap awal pembagian zakat ini dilaksanakan di Kecamatan Sungai Mas yang di gelar di halaman kantor camat setempat yang diserahkan langsung oleh Bupati Aceh Barat, Ramli MS, pada Selasa, (23/3) kemarin tepat di halaman Kantor Camat setempat.

Ramli MS saat menyalurkan ZIS secara perdana di Sungai Mas, berharap tahun-tahun kedepannya jumlah penerimaan zakat di kabupaten itu terus meningkat.

"Zakat, infaq dan shadaqah ini merupakan bantuan senif fakir miskin penerimaan tahun 2020 untuk penyaluran tahun 2021, dan ini merupakan rahmad Allah yang patut kita syukuri, kita harapkan untuk tahun depan pengumpulan dana ZIS akan lebih meningkat dari tahun tahun sebelumnya, sehingga dengan dana ZIS ini banyak masyarakat yang membutuhkan dapat terbantu," kata Ramli MS, saat memberikan sambutan

Kata Ramli, berkat doa para fakir dan miskin lah daerah ini menjadi kuat. Menurutnya bila fakir dan miskin penerima ZIS taat kepada perintah Allah maka kuat lah kabupaten berjuluk Bumoe Teuku Umar itu.

Untuk itu ia berharap kepada masyarakat penerima ZIS ini agar selalu mendoakan daerah dan negara ini agar selalu aman, nyaman dan damai, dan miminta kepada para penerima ZIS untuk menggunakan uang tersebut untuk beribadah kepada Allah SWT.

"Saya berharap, dengan disalurkannya ZIS ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sehingga terpenuhi kebutuhan dasar rumah tangga, untuk itu ia berharap pergunakanlah sesuai dengan kebutuhan serta niatnya untuk ibadah," imbaunya.

Sementara itu Kepala Baitul Mal, Teungku Bahktiar mengatakan, dalam pembagian zakat, untuk senif fakir sebesar Rp. 800.000 per orang, senif miskin berjumlah 358 orang dengan besaran zakat yang diterima sebesar Rp. 500.000 per orang sedangkan senif Baitul Mal Gampong besaran dana yang diterima berjumlah Rp. 216,666 per orang.

"Untuk zakat yang kita terima tahun ini Rp12 miliar. Untuk penerima itu ada beberapa kategori senif jadi sebelum bulan Ramadan ini kita berikan dulu untuk senif fakir miskin itu dengan total 7,6 miliar," ujar Bakhtiar.

Selanjutnya setelah lebaran Idul Fitri, pihaknya akan menyalurkan Zakat untuk senif yatim, senif santri kurang mampu, dan juga kita alokasikan untuk bantuan modal usaha fakir miskin," kata Kepala Baitul Mal, Teungku Bakhtiar, Kamis, (24/3) saat dihubungi AJNN lewat telepon selularnya

Dikatakan Teungku Bakhtiar, penyaluran bagi senif fakir miskin yang tersebar di 12 Kecamatan di Aceh Barat akan diselesaikan sebelum bulan suci Ramadan sehingga ZIS yang disalurkan dapat digunakan untuk kebutuhan Ramadan dan juga saat meugang.

Komentar

Loading...