Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Barat Kucurkan Rp 844 Juta Dana Bantuan Sosial

Pemkab Aceh Barat Kucurkan Rp 844 Juta Dana Bantuan Sosial
Bupati Aceh Barat T Alaidinsyah (kanan). Foto: Darmansyah Muda
ACEH BARAT - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyalurkan dana bantuan sosial sebesar Rp 844 juta untuk pembangunan masjid, meunasah, dayah, pasantren, serta taman pengajian quran dan anak (TPQ/TPA). Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Aceh Barat Teuku Alaidinsyah, Senin (29/8).

Kepala Bagian Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat, Muhammad Kasem Bangun, mengatakan bantuan sosial itu merupakan dana usulan proposal yang diajukan oleh setiap lembaga tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat pada 2015. Bantuan ini baru dapat disalurkan pada tahun ini.

“Sebelum kita bantu kita lakukan verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan terlebih dahulu, lalu baru kita putuskan sudah menjadi kebutuhan mendesak atau tidak bagi lembaga tersebut. Jika kita lihat mendesak maka kita anggarkan,” kata MK Bangun.

Bangun menerangkan pada 2016 ini terdapat 67 masjid yang dibantu dengan nilai bantuan mencapai Rp 670 juta. Untuk enam buah meunasah, pemerintah menghabiskan dana bantuan sebesar Rp 37 juta. Untuk dayah atau pesantren, kata dia, sebanyak 9 unit dengan nilai bantuan Rp 72 juta. Sedangkan untuk TPQ dan TPA sebanyak 18 unit dengan nilai bantuan sebesar Rp 65 juta.

Bantuan yang disalurkan tersebut, kata dia, juga bervariasi. Setiap masjid mendapatkan bantuan Rp 10 juta, meunasah Rp 5 juta, dayah dan pesantren Rp 7 juta, sedangkan untuk TPQ dan TPA sebesar Rp 3-4 juta .

Bantuan ini dikhususkan untuk pembangunan fisik, bukan untuk pemberdayaan lainnya. Tahun depan, kata Bangun, pihaknya juga mengusulkan anggaran sebesar Rp 1,49 miliar untuk bantuan bagi penerima sejenis.

“Namun nanti tergantung berapa yang disetujui, kita hanya mengusulkan berdasarkan dari permohonan bantuan sosial yang masuk kepada kita pada tahun ini,” ujarnya. Tahun depan, terdapat sekitar 100 masjid, 17 meunasah, 27 dayah, dan 54 TPA/TPQ.

Komentar

Loading...