Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Barat Diminta Gelar Pertemuan Lintas Agama Setiap Bulan

Pemkab Aceh Barat Diminta Gelar Pertemuan Lintas Agama Setiap Bulan
Lintas Agama, Foto : Poskotanews
MEULABOH - Untuk mencegah terjadinya konflik Agama, Kapolres Aceh Barat, AKBP Teguh Priyambodo Nugroho,SIK, meminta pemerintah kabupaten setempat untuk menggelar pertemuan rutin antar umat beragama melalui Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) pada setiap bulannya. Hal tersebut disampaikannya dalam pertemuan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) yang dilaksanakan di Mapolres Aceh Barat, Senin (18/10).

Menurutnya, selama ini pertemuan antar umat beragama dalam wadah FKUB hanya dilakukan satu tahun sekali, sehingga nilai ikatan bathin antar umat beragama mudah rapuh dan tali persaudaraan tidak begitu mengikat.

"Tadi kita minta pemerintah daerah gelar FKUB setiap satu bulan sekali agar ikatan bathin pemuka agama semakin kuat," kata Kapolres.

Menurut Kapolres, dengan kuatnya ikatan bathin, resiko konflik agama di Kabupaten berjuluk Bumoe Teuku Umar itu lebih mudah terdeteksi dan cepat ditangani.

Dalam pertemuan tersebut, kata Kapolres, semua pihak sepakat akan membuat seruan kepada masyarakat Aceh Barat untuk terus membangun toleransi yang kokoh terutama dikalangan pemuda.

Untuk pengamanan tempat ibadah di Aceh Barat, Kapolres menjelaskan, kalau pihaknya belum berencana menambah personil, tetapi cukup dengan 34 personil yang sudah dikerahkan.

"Untuk personil belum ada rencana penambahan, karena situasi dan kondisi di Aceh Barat masih aman dan masih bisa kita kendalikan," jelasnya.

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...