Unduh Aplikasi

TERKAIT PERMINTAAN PENGANGKATAN KEUCHIK

Pemkab Aceh Barat Belum Terima Surat Plt Gubernur

Pemkab Aceh Barat Belum Terima Surat Plt Gubernur
Surat Plt Gubernur untuk Bupati Aceh Barat. Foto: For AJNN

ACEH BARAT - Pemerintah Aceh Barat belum menerima surat dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, yang meminta kepada Bupati Aceh Barat, Ramli MS untuk mengangkat kembali sejumlah keuchik (kepala desa) yang sempat diberhentikan sebelumnya.

Kepala Bagian Hukum Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Aceh Barat, Mawardi mengaku belum menerima surat yang dikirim pada 22 Mei 2020 lalu.

“Belum, saya belum peroleh suratnya, nanti kalau sudah saya terima saya kabari lagi,” kata Mawardi, saat dihubungi AJNN via telepon selularnya, Rabu (27/5).

Sebelumnya Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam surat itu meminta kepada Bupati Aceh Barat, Ramli MS untuk mengangkat kembali sejumlah Keuchik (kepala desa) sempat diberhentikan.

Baca: Plt Gubernur Minta Bupati Aceh Barat Angkat Kembali Keuchik yang Dipecat

Dalam surat itu, Nova menjelaskan jika apa yang disampaikan merupakan tindak lanjut dari surat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat, yang dilayangkan tanggal 5 April 2020 yang memohon audiensi dengan Pemerintah Aceh.

Dalam surat itu, Nova juga menjelaskan terkait pengangkatan pejabat keuchik, berdasarkan Qanun Aceh nomor 4 Tahun 2009 Tentang Tata cara Pemilihan dan dan pemberhentian Keuchik perlu mengikuti pasal 45 dan Pasal 52.

Ia juga menegaskan dalam hal pengangatan kembali para keuchik yang sempat diberhentikan itu untuk dilaporkan kepada Pemerintah Aceh paling lambat 17 Juni 2020 ini.

Komentar

Loading...