Unduh Aplikasi

Pemkab Abdya Dapat Jatah 138 Formasi CPNS

Pemkab Abdya Dapat Jatah 138 Formasi CPNS
Kepala BKPSDM Abdya, Drh Hj Cut Hasnah Nur saat melakukan konferensi pers, Foto: AJNN.Net/Fakhrul Razi Anwir

ACEH BARAT DAYA - Tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mendapatkan jatah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 138 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abya, Hj Cut Hasnah Nur, mengatakan sebelumnya Pemkab melalui surat Bupati Abdya, tanggal 29 Mei 2019 mengusulkan kebutuhan formasi CPNS sebanyak 1.042 orang untuk lima tahun kedepan.

Penentuan jumlah usulan tersebut sudah melalui analisis jabatan dan analisis beban kerja (Anjab dan ABK), terhadap kebutuhan CPNS yang akan menjalankan tugas dan fungsi kedinasan dilingkungan Pemkab Abdya.

Menurut Cut Hasnah, dalam surat bernomor BKPSDM.800/373/2019, yang ditujukan kepada Menteri PAN-RB cq Deputi Bidang SDM Aparatur, Pemkab Abdya juga merinci bahwa kebutuhan CPNS di Abdya untuk tahun 2019 yakni sebanyak 211 formasi.

“Sehubungan dari surat kami ini, Menpan sudah membalas dan memberikan formasi kepada kita, tetapi formasi yang diberikan tidak sejumlah yang kami mintakan,“ kata Cut Hasnah Nur kepada wartawan, Rabu (30/10).

Didampingi Sekretaris BKPSDM Abdya Rahmad Sumedi dan Pusmeri Surtina selaku Kabid Pembinaan dan Pengembangan SDM, Cut Hasnah menjelaskan terkait alasan Kementerian PAN-RB hanya memberikan jatah 138 formasi CPNS di lingkungan Pemkab Abdya.

Ia menyebutkan, meski sudah dilakukan Anjab/ABK terkait kebutuhan CPNS di Kabupaten Abdya, akan tetapi Kementerian PAN-RB memiliki dasar lain terkait persetujuan penetapan jumlah kebutuhan CPNS di daerah.

Kementerian PAN-RB dalam menetapkan jumlah kebutuhan pegawai, menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, dimana Kementerian PAN-RB berkerjasama dengan Kementerian Keuangan untuk melihat beban anggaran daerah yang dikeluarkan untuk kebutuhan belanja pembangunan dan belanja pegawai.

“Dari analisa belanja pemerintah terhadap pegawai, maka tahun ini kita hanya mendapatkan sebanyak 138 formasi dari 211 yang diusulkan,“ jelas Cut Hasnah.

Komentar

Loading...