Unduh Aplikasi

Pemkab Abdya Berkomitmen Jaga Kelestarian Laut

Pemkab Abdya Berkomitmen Jaga Kelestarian Laut
Pemandangan laut di Aceh Barat Daya. Foto: cerana.net

ACEH BARAT DAYA - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berkomitmen untuk terus memanfaatkan hasi laut dan memelihara keberadaannya demi kelestarian alam. Pemerintah juga berkomitmen unutk membenahi sektor perikanan untuk memaksimalkan potensi laut dan memeliharanya.

"Potensi dan kekayaan laut yang luar biasa tersebut bisa dikelola secara maksimal oleh nelayan dengan memperhatikan kelestariannya," kata Sekretaris Daerah Abdya Thamrin di sela-sela pengukuhan Panglima Laot Abdya masa jabatan periode 2016-2022, Jumat (4/11).

Menurut Thamrin, potensi kelautan, terutama sumber daya ikan, berkontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir terutama. Potensi alam melimpah ini harus dipelihara agar anugerah ini tidak berubah menjadi bencana.

Oleh karena itu, panglima laot diminta manfaatkan lembaga tersebut untuk kepentingan nelayan dan sebagai penghubung antara pemerintah dengan masyarakat nelayan sehingga pembangunan di sektor kelautan menjadi lebih bersinergi di masa depan.

"Lembaga ini tugasnya mengatur berbagai adat istiadat di laut, mulai dari hari pantang melaut, pertikaian nelayan, sistem bagi hasil penangkapan hingga pengawasan laut," kata Thamrin.

Komentar

Loading...