Unduh Aplikasi

Pemkab Abdya bantu sumur bor pada sawah tadah hujan

ACEH BARAT DAYA - Tahun 2015 mendatang, Dinas pertambangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan berupaya untuk membuat sumur bor pada sawah tadah hujan yang ada di Kabupaten setempat.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Abdya Adusmin Umar kepada AJNN yang dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (23/10). Ia mengatakan, Kabupaten Aceh Barat Daya masih memiliki sawah tadah hujan yang berlokasi di Gampong Padang Makmur Kecamatan Manggeng Kabupaten setempat.

"Ada sekitar 50 Hektare sawah tadah hujan di Gampong Padang Makmur, Kecamatan Manggeng yang belum memiliki irigasi, kami telah melakukan survei, ternyata di daerah tersebut memiliki tanah yang tinggi sehingga tidak bisa dikakulan pembuatan irigasi," kata Adusmin.

Dikatakan Adusmin, langkah selanjutnya untuk membantu para petani yang berlokasi di persawahan tadah hujan tersebut pihaknya akan membuat sumur Bor pada tiga titik dilokasi setempat.

"Rencananya kita buat sumur Bor ditiga titik dilokas sawah tadah hujan itu, namun anggaran untuk biaya pembuatan sumur Bor itu belum kita ketahui, karena belum dibuat perincian pihak pertambangan, karena sumur Bor itu di bagian pertambangan, kita cuma mengusulkan saja," ujarnya.

Ia menyebutkan, sawah tadah hujan tersebut pada tahun lalu bisa menghasilkan panennya mencapai 6-7 ton per hektare. "Itu dalam kondisi kering tanpa ada air, kalau ada hujan baru ada air, mereka cuma bisa menanam pada musim hujan dengan penghasilan yang memuaskan," sebutnya.

Untuk tahun depan katanya, Masyarakat petani dilokasi tadah hujan tersebut harus bisa menghasilkan panennya yang lebih banyak lagi. "Kita berharap, dengan ada sumur bor nanti, pihak petani itu harus ada peninggakatan dengan penghasilan yang lebih meninggat," harapnya.

RAHMAT

Komentar

Loading...