Unduh Aplikasi

Pemkab Abdya Bantu Pembangunan Masjid Sangkalan Rp 500 Juta

Pemkab Abdya Bantu Pembangunan Masjid Sangkalan Rp 500 Juta
ACEH BARAT DAYA- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menganggarkan Rp 500 juta Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Tahun 2017 untuk pembangunan Masjid Pusaka Kemukiman Sangkalan, Kecamatan Susoh.

“Apa yang disampaikan oleh ketua Panitia pembangunan Mesjid Jamik Sangkalan kita respon positif agar pembangunan masjid bisa selesai. Untuk itu pemerintah Abdya memberikan bantuan untuk pembangunan masjid sebesar Rp 500 juta melalui anggaran daerah pada tahun 2017 mendatang,”ungkap Bupati Abdya, Jufri Hassannuddin di sela-sela acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Jamik Pusaka Senin (1/7) di Blangpidie kemarin.

Selain menganggarkan dana pembangunan melalui anggaran daerah, bupati Abdya dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan bantuan pribadi untuk pembangunan sebesar Rp 50 juta.

"Mari kita dukung niat dan semangat panitia untuk membangun dan memperindah rumah ibadah, sebab dari target dan anggaran yang dibutuhkan masih sangat minim," ujar Jufri Hasanuddin.

Menurutnya, Masjid Jamik Pusaka wajar dibangun dengan megah selain jumlah penduduk yang tergolong banyak, mesjid tersebut merupakan sarana ibadah tertua serta satu-satunya masjid keumukiman.

"Sudah sangat wajar di bangun karena selain jumlah penduduk tiga ribu jiwa lebih, masjid ini dibangun sejak masa zaman Jepang. Sementara di daerah lain satu desa satu masjid," imbuhnya.

Ia juga menyarankan, agar setelah masjid itu dibangun masyarakat benar-benar memakmurkan mesjid yang telah di bangun.

"Dengan adanya mesjid akan mempermudah dan menyemangati para umat untuk beribadah, jangan sempat setelah di bangun masjid megah-megah, kemudian tidak ada jamaah," saran Bupati Jufri.

Ia menambahkan, pembangunan tersebut merupakan sebuah kewajiban untuk memperkaya khazanah infrastruktur ibadah baik masjid maupun pesantren.

“Ketika kita diberikan aman oleh Allah, berupa harta dan jabatan, apa salahnya kita menabung, ini bagian kepedulian kita juga untuk memperkaya khazanah infrasuktur ibadah," tutur Jufri Hasanuddin

Kata dia, untuk mempercepat proses renovasi masjid tertua di Abdya tersebut, pihaknya meminta kepada setiap kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang hadir untuk dapat berpartisipasi menyumbangkan seikhlas mungkin agar pembangunan rumah ibadah di kawasan kemukiman Sangkalan dapat segera terwujud.

“Saya berharap kepada seluruh kepala SKPK yang hadir, untuk ikut serta menyumbangkan seiklas mungkin. Karena jabatan dan uang hanya sementara, tetapi sedekah merupakan tabungan yang dapat kita petik ketika memasuki alam akhirat,” katanya

Terakhir, Bupati Jufri mengucapkan rasa terimakasih kepada masyarakat dan panitia karena telah mengundang diri untuk membuka ruang ibadah baik secara pribadi maupun sebagai pemimmpin Abdya.

Sementara Ketua Pembangunan Masjid Pusaka Kemukiman Sangkalan, Ubat dalam laporannya mengatakan, anggaran renovasi rumah ibadah yang pembangunannya telah dimulai tersebut merupakan dana swadaya masyarakat dari empat desa.

Dirinya mengucapkan rasa terimakasih yang tak terhingga terhadap bantuan yang telah diberikan bupati Abdya baik sumbangan secara pribadi maupun dana yang dianggarkan dalam APBK.

"Terimakasih juga Kami ucapkan kepada bupati Abdya karena sudah memenuhi undangan kami untuk melakukan peletekan batu pertama tanda dimulainya pembangunan,”katanya Ubat

Turut dihadiri dalam acara tersebut, ketua DPRK Abdya Zulkifli Isa, delegasi Kajari Abdya, Waka Polres Abdya, Ketua MPU Abdya dan Sejumlah kepala SKPK serta Pengurus Masjid dan tokoh masyarakat setempat.

Komentar

Loading...