Unduh Aplikasi

Peminat Sekolah Kader Pengawasan Pemilu Capai Ratusan Pendaftar

Peminat Sekolah Kader Pengawasan Pemilu Capai Ratusan Pendaftar
Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslih Propinsi Aceh, Marini. Foto: IST.

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Propinsi Aceh mencatat telah menerima 615 pendaftar Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang diluncurkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia di 18 wilayah di Aceh. Rabu, 26 Mei 2021. 

"Kita harapakan angka ini terus meningkat, mengingat tahun ini Panwaslih Provinsi Aceh dipercayakan kembali, dan mendapatkan jumlah yang besar untuk kabupaten/kota dalam merekrut peserta SKPP," kata Marini Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslih Propinsi Aceh.

Marini menambahkan pihaknya untuk tahun ini mendapatkan alokasi yang lumayan besar yang diberikan untuk 18 kabupaten/kota oleh Bawaslu RI, jumlahnya mencapai ribuan.  

Panwaslih Kabupaten/Kota yang mendapatkan kesempatan merekrut adalah Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Pidie Jaya , Pidie, Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan.

Untuk itu Panwaslih Aceh akan berupaya semaksimal mungkin untuk dapat terus mensosialisasikan informasi tentang pendaftaran SKPP Dasar tahun 2021 ke seluruh pelosok daerah di Aceh guna membumikan pengawasan partisipatif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu.

"Kegiatan Sekolah Kader Pengawasan ini adalah ikhtiar Bawaslu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut bersama mengawal dan mengawasi jalannya demokrasi di Indonesia," tambah Marini 

Adapun tahapan dalam program SKPP tahun ini, diantaranya proses rekruitmen peserta secara ketat dan selektif dalam mengikuti pendidikan, mulai pendidikan tingkat Dasar, Menengah dan Lanjut yang akan dilaksanakan secara luring pada Juni-Oktober 2021 mendatang 

"Kita mengimbau dan mengajak kepada para anak muda mudi  untuk mengikuti program SKPP tahun 2021 ini, dapat langsung melalui link https://skpp.bawaslu.go.id/registrasi/. Mengikuti SKPP ini sendiri bertujuan untuk memperkuat demokrasi di Indonesia khususnya di Aceh," pungkas Marini.

Komentar

Loading...