Unduh Aplikasi

Pemilik Senjata Api Berniat Bebaskan Rekan dari Lapas Langsa

Pemilik Senjata Api Berniat Bebaskan Rekan dari Lapas Langsa
AKP Yasir usai mencokok tiga tersangka pemilik senjata api. Foto: Safrizal
LHOKSEUMAWE - Kepolisian Resor Lhokseumawe bertindak cepat memburu sejumlah nama yang diduga terlibat dalam peredaran senjata api. Sore tadi, Satuan Reserse dan Kriminal Polres Lhokseumawe, setelah berkoordinasi dengan Polres Langsa dan pengelola Lembaga Pemasyarakatan Langsa, meringkus sejumlah orang di LP Langsa.

Nama-nama mereka diungkapkan oleh Rizatur dan Mahdi. Rizatur tertangkap di sebuah stasiun pengisian bensin di Lhokseumawe. Menyusul Mahdi ditangkap di kediamannya di Bireuen. Dari Rizatur, polisi menyita sepucuk revolver dan pistol rakitan.

Baca: Pemuda Pidie Jaya Diringkus, Dua Pistol Diamankan

“Senjata itu rencananya digunakan untuk membebaskan rekan-rekan mereka di Lapas Langsa,” kata Kepala Satreskrim Polres Lhokseumawe Ajun Komisaris Polisi Yasir, tadi sore.

Yasir turun tangan memimpin operasi ini. Di dalam lapas, Yasir memeriksa tujuh nama yang diungkap oleh Rizatur dan Mahdi. Namun setelah pemeriksaan, hanya tiga narapidana yang diduga terlibat dalam rencana pembebasan ini.

Mereka adalah Hafniyuddin. Divonis penjara kurungan seumur hidup atas kasus pembunuhan dan perampokan. Hafniyuddin adalah pemodal untuk membeli senjata tersebut. Nama lain adalah Kamaruddin bin Yacob. Divonis 14 tahun penjara. Kamaruddin adalah pemesan senjata. Dia ditangkap karena terlibat pembunuhan dan peredaran narkoba.

Satu nama lainnya adalah Yusran Bin Zainal Abidin. Narapidana kasus narkoba yang divonis 16 tahun. Yusran adalah “otak” yang mengatur rencana pembebasan ini. Dari lapas, polisi mengamankan dua unit telepon genggam milik Mushadi dan Kamaruddin yang kerap digunakan untuk menghubungkan para narapidana dengan dunia luar.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...