Unduh Aplikasi

Pemilihan Keuchik di Pidie Jaya Mulai Gunakan Sistem E-voting

Pemilihan Keuchik di Pidie Jaya Mulai Gunakan Sistem E-voting
Pemilihan Keuchik di Gampong Keude Ulee Gle, Bandar Dua, Pidie Jaya, dengan simtem E-voting.

PIDIE JAYA - Pemilihan kepala desa (keuchiek-red) di Kabupaten Pidie Jaya mulai mengunakan cara Elektronic Voting atau E-voting.

Pemungutan suara tingkat kepala desa dengan sistem E-viting itu pertama kali di terapkan di Gampong Keude Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, Selasa 29 September 2020.

Perangkat komputer untuk menentukan suara pemilih itu disediakan oleh pemerintah kabupaten setempat, dalam hal ini Bagian Pemerintahan Sekdakab Pidie Jaya.

“Perangkat komputer atau laptop disediakan oleh pemerintah. Panitia dari Bagian Pemerintahan Sekdakab juga memberi bimbingan cara memilih bagi pemilih,” kata Kabag Pemerintahan Sekdakab Pidie Jaya, Muslim Khadri kepada AJNN.

Dikatakan, jumlah pemilih di gampong tersebut yang terdaftar sebagai pemilih sebanyak 755 pemilih. Namun hingga pukul 13.20 Wib, pemilih tang baru mengunakan hak suara sebesar 60 persen.

“Hingga saat ini yang sudah mengunakan hak suara sekitar 500 san. Diperkirakan pemilih yang akan mengunakan hak suara akan mencapai 70 hingga 80 persen,” sebutnya.

Muhammad, salah seorang pemilih di gampong tersebut menuturkan, sistem pemilihan E-voting lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan pemilihan mengunakan kertas suara.

“Lebih mudah, cepat, dan tentunya lebih moderen dibandingkan sistem pemilihan mengunakan kertas suara,” kata Muhammad usai mengunakan hak suaranya.

Komentar

Loading...