Unduh Aplikasi

Pemilihan Keuchik di Pidie Jaya Bakal Dilakukan Secara E-voting

Pemilihan Keuchik di Pidie Jaya Bakal Dilakukan Secara E-voting
Simulasi pemilihan keuchik secara E-voting di Gampong Keude Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua. Foto: AJNN/Muksalina

PIDIE JAYA - Pemilihan kepala desa (Keuchik) di Kabupaten Pidie Jaya kedepannya bakal dilakukan dengan cara E-voting.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekdakab Pidie Jaya, Muslim Khadri kepada AJNN, Selasa (15/9) mengatakan, pemilihan keuchik di Pidie Jaya akan dilakukan pemungutan suara elektronic vote atau E-voting. Gampong pertama yang akan mengunakan sistem pemilihan tersebut adalah Gampong Keude Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua.

“Hari ini dilakukan simulasi pemilihan kepala desa secara E-voting di Gampong Keude Ulee Glee,” kata Muslim.

Gampong Keude Ulee Gle akan melakukan pemilihan secara E-voting itu akhir September 2020. Sejatinya, gampong itu melakukan pemilihan serentak beberapa waktu lalu bersama puluhan gampong lain di Pidie Jaya. Namun sebut Muslim, karena disebabkan ada kendala, gampong tersebut gagal melakukan pemilihan kepala desa saat itu.

“Saat pemilihan keuchik serentak beberapa bulan lalu, Gampong Keude Ulee Gle tidak dapat melakukan pemilihan, baru akhir September ini melakukan pemilihan, dan pemilihan keuchik disana nantinya akan dilakukan secara E-voting,” jelasnya.

Untuk diketahui, E-voting merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan perangkat elektronik dan mengolah informasi digital untuk membuat surat suara, memberikan suara, menghitung perolehan suara, menayangkan perolehan suara dan memelihara serta menghasilkan jejak audit.

“Pemilih nantinya akan diberikan PIN untuk dapat melakukan voting, tentunya yang diberikan PIN itu adalah warga yang memiliki NIK. Perangkatnya disediakan oleh panitia (Bagian Pemerintahan Sekdakab),” ujar Muslim.

Komentar

Loading...