Unduh Aplikasi

Pemerkosa Anak Bawah Umur di Pijay Dijerat UU Perlindungan Anak

Pemerkosa Anak Bawah Umur di Pijay Dijerat UU Perlindungan Anak
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Kepolisian Resort (Polres) Pidie Jaya bakal menjerat empat pemuda yang menjadi tersangka pemerkosa anak bawah umur dengan Undang-undang Perlindungan Anak.

Kapolres Pidie Jaya AKBP Musbagh Ni'am melalui Kasat Reskrim Iptu Dedi Miswar, Kamis (9/4) mengatakan, empat tersangka pemerkosa yang berinisial MS (18), MA (18), MR (21) dan MG (19), tidak dijerat dengan Qanun Jinayat.

Namun keempatnya bakal dijerat dengan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

"Dijerat Pasal 81 jo 82 UU No 23 tahun 2002 atas perubahan UU 35 tahun 2014, dengan ancaman penjara paling lama 15 tahun," kata Dedy.

Untuk diketahui, UU Nomor 35 Tahun 2014, Pasal 81 ayat (1) dengan bunyi, setiap orang yang melangggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 5 miliar.

Baca: Empat Pemuda Perkosa Anak Bawah Umur di Pidie Jaya

Sedangkan Pasal 76D yang disebut di Pasal 81 itu dengan bunyi, setiap orang dilarang melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.

Sebelum dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pidie Jaya, pihaknya terlebih dulu merampungkan berkas perkara, yang juga berkoordinasi dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).

"Kami juga lagi koordinasikan sama TP2A dan Bapas," jelasnya.

Komentar

Loading...