Unduh Aplikasi

Pemerintah Tanggung Biaya Pemulangan Jenazah Zubir dari Malaysia

Pemerintah Tanggung Biaya Pemulangan Jenazah Zubir dari Malaysia
Wabup Aceh Jaya ketika berkunjung ke rumah M Zubir. Foto: Suar

ACEH JAYA - Anggota DPD RI asal Aceh Sudirman sapaan Haji Uma mengatakan pihak keluarga tidak perlu khawatir terkait biaya pemulangan jenazah Muhammad Zubir ke tanah air.

Menurut Sudirman pihak keluarga mendapat telepon dari Malaysia yang mengaku dariKedutaan Besar Indonesia dan meminta uang sebesar 16 ringgit untuk biaya pemulangan jenazah korban.

"Setelah informasi itu beredar luas, saya menghubungi pihak keluarga meminta untuk tidak mengeluarkan biaya sepeserpun, karena biaya pemulangan jenazah akan ditanggung oleh pihak pemerintah," kata Sudirman, Sabtu (28/10).

Baca: Ditembak OTK di Malaysia, Keluarga Minta Jenazah Zubir Segera Dipulangkan

Ia menjelaskan, dinas terkait dan KBRI sudah mengurus serta menindak lanjuti tentang pemulangan jenazah tersebut ke tanah air.

"Untuk biaya pemulangannya, pihak keluarga tidak dibebani lagi dengan masalah biaya apapun, saat ini sudah terbangun komunikasi yang kondusif antara Pemerintah Aceh dengan KJRI yang ada disana," ujarnya.

Sudirman mengaku sempat ada sedikit masala yang terjadi di Malaysia yakni terkait dengan sidik untuk penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian Diraja Malaysia. Karena adik korban Syahrul Ramadhan dihadirkan sebagai saksi oleh pihak polisi setempat.

Sedangkan untuk jenazah M. Zubir, pihak-pihak terkait sudah saling berkoordinasi. Dalam waktu dekat ini akan segera memulangkan jenazah tersebut, setelah proses penyelidikan dan pengambilan keterangan dari adik korban selesai dilakukan.

Pihak keluarga membenarkan jika dihari kejadian menerima telepon dari Malaysia yang mengaku pihak pengurusan jenazah untuk dibawa pulang ke Aceh. Penelpon meminta biaya pemulangan jenazah sebesar 16 ringgit, bahkan pihak keluarga sudah menyiapkan uang sebesar yang diminta untuk dikirim ke Malaysia.

Sementara, Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk Yusri yang turut melayat kerumah duka berpesan pada pihak keluarga untuk bisa bersabar dan tabah terhadap cobaan yang melanda.

Baca: Mengharukan, Ini Pesan Zubir Sebelum Meninggal Ditembak di Malaysia

Ia juga berharap kepada pihak-pihak terkait untuk secepat mungkin mengurus kepulangan jenazah M. Zubir ke Aceh. Ia juga memberi santunan pribadi untuk meringankan keluarga dan kebutuhan lainnya yang dianggap perlu.

"Pemerintah Aceh Jaya ikut belasungkawa sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadi terhadap warga kami, semoga kepada pihak yang berwenang bisa mengusut dan menangkap pelaku," katanya.

Komentar

Loading...