Unduh Aplikasi

Pemerintah Siapkan Dua Skenario Sambut Investasi Apple di Indonesia

Pemerintah Siapkan Dua Skenario Sambut Investasi Apple di Indonesia
Apple
Perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan dan penjualan barang elektronik, Apple Inc berencana akan menanamkan investasinya di Indonesia. Perusahaan yang berpusat di California ini tengah mempelajari road map industri software atau perangkat lunak yang dimiliki Kementerian Perindustrian.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, pemerintah saat ini menyiapkan dua skenario untuk Apple investasi di Indonesia. Skenario pertama yang dapat ditempuh adalah dengan pola kerja sama.

Apple diharapkan dapat menggandeng perusahaan dalam negeri untuk pengembangan software maupun hardware. Harapannya pengusaha dalam negeri bisa berkompetisi di pasar global.

"Jadi mereka (Apple) datang ke Indonesia sebagai perusahaan besar yang akan menjadi strategi partner dari industri-industri software kita. Sehingga industri software kita ikut ketarik. Karena tanpa itu ya agak sulit untuk ikut bersaing di pasar global," ungkapnya di Jakarta, Selasa (13/10).

Sedangkan skenario kedua yakni melalui jalur perguruan tinggi. Dengan cara ini, pemerintah meminta Apple untuk membuat program Incubator Business Center (IBC). "Di situ kita akan anak-anak yang baru tamat, masih fresh graduate dan ingin menjadi enterpreneur bisa lewat jalur situ," jelasnya.

Putu Suryawirawan menegaskan, belum ada keputusan dari Apple akan menggunakan skenario yang mana.

Putu sendiri mengakui, pemerintah lebih condong agar Apple menggunakan skenario pertama. Dengan begitu perusahaan software dalam negeri dapat berkembang seiring dengan kebutuhan pasar global.

"Sebenarnya Apple kita harapkan masuk yang jalur pertama dan ini akan kita jadikan model untuk investasi yang lain," tutupnya.

 

Komentar

Loading...