Unduh Aplikasi

Pemerintah Polah Rakyat Kepradah

Pemerintah Polah Rakyat Kepradah
Ilustrasi: bacaterus

PEKAN-pekan terakhir ini, kita disuguhkan beragam cerita tentang sapi peliharaan di UPTD IBI Saree, Aceh Besar. Bahkan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan pejabat di Dinas Peternakan Aceh dibuat sibuk.

Pasalnya sederhana. Banyak sapi di sana mati. Yang bertahan, hidup dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Hal ini disebabkan ketiadaan pakan. Padahal, sapi-sapi ini diadakan untuk memenuhi swasembada.

Di jalanan kota, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banda Aceh mengamankan empat ternak warga yang berkeliaran di Gampong Batoh, Kecamatan Lueng Bata. Sapi-sapi ini berkeliaran di tempat yang tidak semestinya.

Pemilik ternak dinilai melanggar Qanun Nomor 12 Tahun 2004 tentang Penertiban Hewan. Hewan-hewan yang harusnya di kandang ini membahayakan pengguna jalan. Pemiliknya kini harus berhadapan dengan banyak urusan untuk mendapatkan kembali ternaknya.

Dua kejadian ini adalah bukti betapa buruknya pengelolaan ternak di Aceh. Hewan-hewan yang dipelihara dengan anggaran besar malah diterlantarkan. Miliaran uang negara yang seharusnya bisa digunakan untuk menopang perekonomian, ambyar.

Bahkan untuk menguburkan sapi-sapi yang mati, petugas tak mampu. Mereka membiarkan bangkai sapi tergeletak di permukaan tanah. Padahal, cara ini tidak diperkenankan karena berisiko menimbulkan penyakit.

Sementara di jalanan, di banyak kota di Aceh, sapi-sapi berkeliaran. Memakan rumput dan plastik yang teronggok di pinggir jalan; makanan yang mudah didapat. Pemiliknya terbiasa membiarkan sapi-sapi ini membahayakan pengguna jalan.

Negara tak pernah ada di saat dibutuhkan. Setidaknya itu tergambar dalam dua kasus ini. Dengan sumber daya manusia dan uang yang melimpah, mengurusi sapi saja terasa susah. Alih-alih terus mendatangkan masalah.

Tentu saja ini membutuhkan kepemimpinan politik yang kuat. Memimpin masyarakat butuh lebih dari sekadar lobi. Kepemimpinan memerlukan kekuatan hati dan pikiran untuk menyajikan hal-hal yang baik untuk kehidupan masyarakat. Tanpa itu, pemerintahan hanya akan melahirkan banyak kesulitan dan rakyat akan selalu kena getahnya.

Komentar

Loading...