Unduh Aplikasi

INTERMESO

Pemerintah Bikin Repot

Pemerintah Bikin Repot
Ilustrasi: wonderwall.sg

INDONESIA tak benar-benar tengah menjalankan demokrasi. Di negara ini, kata demokrasi semakin kehilangan makna setelah pemerintah lebih suka bersikap masa bodo dengan menjalankan apa saja yang mereka kehendaki tanpa memedulikan teriakan orang di bawah. 

Setiap orang yang dipandang potensial menjadi lawan akan dibungkam. Semua. Tak terkecuali orang-orang yang dulu dianggap tak tersentuh oleh tangan hukum. Pasalnya bisa macam-macam, tergantung selera para penguasa. 

Asyiknya lagi, di negara ini, semua bisa dibuat seolah-olah. Dalam urusan membungkam kritik, misalnya, ada saja orang-orang yang melaporkan orang lain karena mengkritik pemerintah. Bahkan mereka yang tak ada hubungan dengan pemerintahan pun bisa membungkam. 

Pemerintah pura-pura tidak melihat. Kementerian Hukum dan HAM, yang bertugas memastikan hukum berjalan dengan adil, tak pernah bersuara saat ada orang-orang yang dikriminalisasi. Ya, kita memang sedang berada dalam bioskop. Menyaksikan tema besar yang disodorkan di layar lebar di atas kursi listrik. 

Saat ada adegan tak elok, mata kita dipaksa terbuka dan mulut kita dipaksa tertutup. Mereka yang bersuara, siap-siap disetrum oleh para buzzer yang menyengat seperti tungau, gatalnya terasa tapi kita tak pernah melihat penggigitnya. 

Maka, diam-diam, muncullah orang-orang yang bersedia melakukan apa saja untuk bertahan dan mendapatkan sedikit porsi kue yang tersedia. Remah-remahnya pun jadi. Lantas digelarlah seminar-seminar di hotel berbintang untuk menjajalkan kebenaran baru yang diprotes banyak orang. Semua dipoles dengan menghadirkan narasumber sesuai selera sponsor. 

Saat ini sama seperti masa lalu, saat dendam dapat dilampiaskan di atas rambu-rambu konstitusi. Tak ada ideologi. Tak ada jati diri. Yang ada hanya keinginan untuk membinasakan lawan meski pernah jadi teman sekamar. 

Negara ini juga semakin jauh menghilang dari hati rakyat. Tak ada kebanggaan dan rasa hormat kepada para pemimpin. Bahkan saat ini, rakyat tak pernah merasakan manfaat keberadaan pemerintah dan tak menganggap mereka penting. Karena toh kerjaan pemimpin dan pemerintah hanya ngerepotin rakyat. 

Komentar

Loading...