Unduh Aplikasi

Pemerintah Asuransikan 4.000 Nelayan Singkil

Pemerintah Asuransikan 4.000 Nelayan Singkil
ilustrasi.
ACEH SINGKIL - Sebanyak 4.000 nelayan di Aceh Singkil akan mendapatkan asuransi jiwa dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Ini adalah bentuk perlindungan atas risiko saat para nelayan mencari nafkah di lautan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Aceh Singki Ismed Taufiq kepada wartawan, usai sosialisasi Asuransi dan Bantuan Sosial, mengatakan asuransi tersebut sangat penting bagi masyarakat nelayan.

“Ini merupakan perlindungan jiwa yang diberikan kepada para nelayan dalam mencari nafkah, memang belum seluruhnya nelayan kita tahun ini tertampung,” kata Ismed, Jumat (12/8).

Rencananya, jumlah nelayan penerima asuransi ini mencapai 8.000 nelayan.  

Ismed mengajak seluruh masyarakat nelayan agar segera mengurus segala bentuk persyaratan administrasi untuk masuk sebagai anggota asuransi, yakni dengan melengkapi persyaratan seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Nelayan serta mengisi formulir yang telah disiapkan DKP.

“Adapun batas usia nelayan yang diasuransikan itu berusia mulai 17 tahun sampai 65 tahun. Para nelayan tidak dipungut biaya,” kata Ismed.

Jumlah pertanggungan yang diberikan bervariasi, yakni meninggal dunia Rp 200 juta, cacat fisik Rp 100 juta dan biaya pengobatan Rp 20 juta. Asuransi ini berlaku selama satu tahun.

Pemberian asuransi bagi nelayan itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam. Kegiatan sosialisasi itu sendiri diikuti ratusan nelayan yang terdiri dari empat desa.

Komentar

Loading...