Unduh Aplikasi

Pemerintah Aceh Usul Rp 1 Triliun dari APBA 2020 untuk Tangani Covid-19

Pemerintah Aceh Usul Rp 1 Triliun dari APBA 2020 untuk Tangani Covid-19
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat di halaman kantor Dinas Sosial Aceh, Kamis (9/4). Foto: For AJNN

BANDA ACEH - Dalam rangka pencegahan dan penanganan virus corona, Pemerintah Aceh berencana mengusulkan Rp 1 triliun melalui realokasi dan refocusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2020.

Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya menindaklanhuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2020 tentang percepatan penanganan corona Covid-19 di lingkungan pemerintah daerah. Terutama untuk merealokasi dan merefocusing APBA.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, pengusulan dana sebesar Rp 1 triliun itu akan diserahkan Pemerintah Aceh kepada Kemendagri agar dapat ditelaah terlebih dahulu terhadap program prioritas di Aceh.

Kata Nova, anggaran itu nantinya diperuntukkan guna merealisasi program social safety net atau jaringan pengaman sosial di provinsi Aceh.

"Kita juga sedang mempersiapkan usulan Rp 1 triliun untuk tangani Covid sebagai tindaklanjut Permendagri Nomor 20 Tahun 2020," kata Nova Iriansyah saat penyerahan sembako di halaman kantor Dinas Sosial Aceh, Kamis, (9/4).

Apalagi, jika kedepan Aceh menerapkan Peraturan Pemerintah (PP) 21 tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala besar PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Maka anggaran tersebut sangat dibutuhkan.

Ploting dana Rp 1 triliun tersebut, tentunya pada penyisiran dalam APBA 2020 yang kegiatannya tidak mungkin dilakukan saat ini, ada pemangkasan kegiatan, sehingga Pemerintah Aceh lebih siap dan tanggap dalam mencegah dan mengatasi dampak Covid-19 ini.

"Makanya saya minta Sekda Aceh harus sudah selesai melihat anggaran itu sampai pukul 00.00 WIB malam ini (Kamis) malam," ujarnya.

Pemerintah pusat sendiri, melalui Perpres 54 tahun 2020, tentang perubahan postur dan rincinan anggaran dan pendapatan belanja negara (APBN) 2020, telah memangkas transfer dana Otsus Aceh sekitar Rp 800 miliar.

Karena itu, anggaran Rp 1 triliun yang diajukan melalui revisi APBA 2020 itu bisa terkonsentrasi sepenuhnya terhadap pencegahan dan penanganan Covid-19. Baik itu dari sisi infrastruktur kesehatan, berupa alat-alat medis, hingga insentif untuk paramedis.

Selain itu, juga bisa dipergunakan ke sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Aceh, serta untuk jaring pengaman sosial lainnya.

Kalau nantinya usulan Rp 1 triliun tersebut disetujui Kemendagri, maka Pemerintah Aceh dapat memiliki kelonggaran dalam mengatasi dampak Covid-19 di Aceh.

Seperti yang telah dilakukan sejauh ini, Pemerintah Aceh sudah mendistribusikan sembako untuk 61 ribu KK masyarakat miskin terdampak di seluruh Aceh. Dan itu menggunakan sebagian dari dana biaya tak terduga (BTT) Rp 118 miliar dalam APBA 2020.

Banner Kerja Sama Aceh Hebat

Komentar

Loading...