Unduh Aplikasi

Pemerintah Aceh Tanggung Biaya Transportasi Pasien BPJS

Pemerintah Aceh Tanggung Biaya Transportasi Pasien BPJS
Logo BPJS.
BANDA ACEH – Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menanggung seluruh biaya transportasi, baik via darat dan udara. Layanan ini adalah keistimewaan yang hanya berlaku di Aceh.

“Ini adalah bentuk pelayanan khusus di Aceh. Karena Pemerintah Aceh menanggung biaya perjalanan pasien, meski dia berobat di luar Aceh,” kata Hanum, petugas di Dinas Kesehatan Aceh, di Banda Aceh, Sabtu (30/4).

Hanum juga mengungkapkan bahwa tidak sebenarnya tidak sulit bagi penduduk Aceh yang datang ke rumah sakit dan harus rawat inap, sementara ia belum terdaftar sebagai peserta BPJS, untuk mendapatkan layanan kesehatan. Mereka masih bisa mendaftar dengan syarat membawa kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan surat keterangan dari dinas sosial setempat bahwa tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Menurut Hanum, prosedur ini memang agak berbelit. Untuk itu, dia menyarankan masyarakat mempersiapkan keanggotaan di BPJS. Bahkan setiap kepala keluarga yang mendaftar otomatis menyertakan anggota keluarganya, yang tercantum dalam kartu keluarga, sebagai anggota BPJS.

Kondisi ini jelas berbeda dengan apa yang dirasakan Hendra saat ingin membawa pulang Hendra, keluarganya, dari Rumah Sakit Umum Nagan Raya. Di rumah sakit ini, dia diminta membayar uang RP 5 juta untuk membawa jenazah Hendra dari Nagan Raya ke Aceh Tamiang.

Permintaan ini jelas memberatkan keluarga pasien. Mereka mengaku tak mampu. Setelah tawar menawar, akhirnya pengelola rumah sakit itu bersedia mengantarkan jasad Hendra dengan membayar Rp 2 juta untuk menyewa mobil ambulan.

Komentar

Loading...