Unduh Aplikasi

Pemerintah Aceh Tak Bakal Keluarkan Rekomendasi untuk PT LMR

Pemerintah Aceh Tak Bakal Keluarkan Rekomendasi untuk PT LMR
Foto: Net

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh menegaskan tidak akan terbitkan rekomendasi, baik untuk IPPKH dan atau izin lingkungan untuk PT Linge Mineral Resources (LMR).

Kepala Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Aceh, Mahdinur menjelaskan kalau perusahaan tersebut secara kronologis masih berada pada tahap explorasi dan belum bisa melangkah ke tahap OPERASI produksi.

"Untuk bisa melangkah ke tahap operasi produksi, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah menyiapkan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang sudah disahkan dan izin lingkungan dari kabupaten atau provinsi," kata Mahdinur, Jumat (3/5).

Ia mengungkapkan kalau dokumen tersebut sama sekali belum dimiliki oleh PT LMR, dengan demikian, maka PT LMR belum bisa melangkah ke tahap IUP Operasi produksi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Baca: Gayo Merdeka Desak Plt Gubernur Akomodir Penolakan Tambang Emas di Linge

"Kalau wilayah kegiatanya berada dalam area hutang lindung, maka harus ada IPPKH (Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan), dan untuk itu syaratnya adalah harus ada rekomendasi dari gubernur. Dan sampai saat ini Gubernur Aceh belum pernah mengeluarkan Surat rekomendasi untuk pinjam pakai kawasan hutan kepada PT LMR," tegasnya.

Untuk itu, kata Mahdinur, tanpa adanya kelengkapan-kelengkapan tersebut, maka pemerintah tidak dapat menerbitkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi, baik pada level kewenangan pusat maupun daerah.

"Dan juga kalau IUP-nya berada di area HL, maka di dalam dokumen "Mine Plan Design"-nya harus dilakukan di bawah tanah (underground), bukan di permukaan tanah," jelasnya.

 

Aceh UMKM Expo 2019
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh

Komentar

Loading...