Unduh Aplikasi

Pemerintah Aceh Siapkan Tanah Pemakaman untuk Korban Corona

Pemerintah Aceh Siapkan Tanah Pemakaman untuk Korban Corona
Foto: Ist

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh telah menyiapkan tanah untuk memakamkan jenazah korban virus corona (Covid-19) yang meninggal di Aceh.

"Pemerintah Aceh sedang mempersiapkan tanah untuk kuburan massal korban virus corona," kata Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani saat live konferensi pers, Sabtu malam (28/3).

Saifullah mengatakan, langkah tersebut perlu dilakukan melihat pengalaman di berbagai negara, serta kondisi terkini bahwa Indonesia salah satu negara dengan jumlah angka kematian tertinggi yang disebabkan karena virus corona.

Foto: Ist

"Hal ini perlu kita mempersiapkan berdasarkan pengalaman 160 negara. Angka kematian Covid-19 di Indonesia termasuk yang tertinggi, dan diatas angka kematian di negara lain," ujarnya.

Berdasarkan pengalaman tersebut, kata Saifullah, Pemerintah Aceh juga harus mempersiapkan segala sesuatunya. Begitu juga dengan persiapan ruang perawatan, peralatan serta sumber daya manusia (SDM) nya.

"Dan tadi pagi Sekda Aceh sudah melihat lokasinya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita memiliki satu tempat yang bisa memakamkan jenazah korban virus corona ini," tutur pria yang akrab disapa SAG itu.

Terkait persiapan tanah pemakaman jenazah korban virus corona ini, sebelumnya juga telah dimohonkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) melalui suratnya kepada Gubernur Aceh tertanggal 27 Maret 2020.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur RSUDZA, Azharuddin tersebut disampaikan, penyediaan lahan kuburan untuk jenazah yang berstatus positif Covid-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal di rumah sakit pemerintah Aceh ini sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut. 

Komentar

Loading...