Unduh Aplikasi

Pemerintah Aceh Kembali Raih Penghargaan Terbaik Peduli Konsumen

Pemerintah Aceh Kembali Raih Penghargaan Terbaik Peduli Konsumen
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menerima penghargaan yang diserahkan oleh Mendag Enggartiasto Lukita. Foto: Ist

BANDUNG - Pemerintah Aceh meraih penghargaan dari Kementerian Perdagangan sebagai salah satu Provinsi terbaik peduli perlindungan konsumen tahun 2018.

Penghargaan yang diterima langsung oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menjadi prestasi Aceh. Pasalnya Aceh berhasil mempertahankan penghargaan serupa secara berturut-turut sejak 2016 lalu.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, saat acara puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang berlangsung di Halaman Lapangan Gasibu, Bandung, Rabu (20/3).

Selain Pemerintah Aceh, penghargaan tersebut juga diterima oleh lima provinsi lainnya, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat.

Enam provinsi itu terpilih sebagai provinsi terbaik peduli perlindungan konsumen setelah mendapatkan penilaian dan verifikasi oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita, seperti yang dikutip di ayobandung.com, berharap Harkonas 2019 dapat juga mendidik produsen agar bertanggung jawab.

"Tidak hanya kualitas barang atau layanan, tapi juga pada takaran. Mungkin ibu- ibu di pasar suka bertanya pada hati, apalah timbangan daging, cabai, bawang ayam sudah sesuai. Disinilah peran kita sebagai pemerintah, memperkuat konsumen, guna memperbaiki kualitas produk yang berkelanjutan," katanya.

Mendag menyebut, sejumlah target perlindungan konsumen saat ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat menjadi konsumen yang berdaya. Serta sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga universitas, bahwa mereka dilindungi hukum untuk mendapat produk yang berkualitas.

"Untuk semua keluhan kami siap memberi pelayanan konsumen Indonesia 24 jam 7 hari 365 hari," ujarnya.

Konsumen bisa menghubungi pusat pengaduan telepon (call center) bernomor 153, e-mail Perlindungan.konsumen@kemendag.go.id atau hotline: 021-3441839.

"Kita harus terus melaksanakan perlindungan konsumen untuk pemenuhan pengukuran yang tepat hingga memastikan tertib niaga. Di samping menumbuhkan kecerdasan, dan kejujuran atas prodak yang dibeli, juga menghadirkan konsumen yang mencintai produk- produk dalam negeri dan hasil karya anak bangsa," kata Enggartiasto.

Komentar

Loading...