Unduh Aplikasi

Pemerintah Aceh Enggan Beberkan Jumlah Dana Hibah dari Usul Pokir Dewan

Pemerintah Aceh Enggan Beberkan Jumlah Dana Hibah dari Usul Pokir Dewan
Jumpa pers Pemerintah Aceh tentang dana hibah dan bansos APBA 2019. Foto: AJNN.Net/Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh menegaskan bahwa total dana hibah dan bantuan sosial (Bansos) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2019 hanya Rp 1,857 triliun, bukan Rp 2 triliun seperti kabar yang disampaikan selama ini. 

Hal itu diungkapkan dalam konferensi pers yang digelar Pemerintah Aceh di ruang media center humas dan protokol kantor Gubernur Aceh, Rabu (24/7). 

Turut hadir dalam jumpa pers tersebut,  Plh Sekda Aceh Taqwallah, Kepala Bappeda Azhari, Kepala BPKA Bustami,  Karo Humas dan Protokol Rahmad Raden, Karo Hukum Amrizal J Prang, Juru Bicara Wiratmadinata dan Saifullah Abdul Gani serta beberapa kepala dinas terkait lainnya. 

Namun, unsur Pemerintah Aceh yang hadir dalam jumpa pers ini enggan membeberkan berapa persen dari Rp 1,8 triliun dana hibah dan bansos tersebut yang diusulkan melalui pokok pikiran (Pokir) anggota DPRA, serta dari eksekutif sendiri. 

Bukan hanya itu, mereka juga tidak menjawab saat ditanyakan siapa saja anggota DPRA yang mengusulkan kegiatan program atau kegiatan melalui pokir pada APBA 2019 ini. 

Disaat yang lain tidak memberikan jawaban, Juru Bicara Pemerintah Aceh, Wiratmadinata hanya mengatakan bahwa terkait jumlah dana dari usulan pokir dan pengusulnya tersebut tidak mungkin mereka yang menjawabnya. 

"Tidak mungkin kita yang menjawab itu, tidak etis rasanya," kata Wiradmadinata singkat. 

Baca: Dana Hibah dan Bansos Rp 1,2 Triliun Dicairkan Melalui Anggaran Perubahan

Sementara itu, Kepala Bappeda Aceh,  Azhari hanya menegaskan bahwa dana hibah dan bansos sebesar Rp 1,8 triliun   tersebut bukan sepenuhnya usul dari pokir anggota DPRA. Melainkan juga ada usulan Pemerintah Aceh. 

"Tidak semuanya dari pokir anggota dewan, juga ada usulan masyarakat yang disampaikan melalui dinas-dinas,"  sebut Azhari. 

Khusus dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh, total belanja hibah untuk dayah Se-Aceh pada tahun ini mencapai Rp 481 miliar lebih. Dari jumlah tersebut, terdapat usulan pokir anggota DPRA sebesar Rp 396,5 miliar lebih. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) Bustami mengatakan, sejauh ini, dari total dana hibah dan bansos sebesar Rp 1,857 triliun tersebut, baru sekitar Rp 695 miliar yang telah diproses pencairannya. 

Hal itu karena sudah diterbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Aceh, yakni pada Dinas Pendidikan, Dinas Perkim, Dinas Arpus, dan Majelis Adat Aceh (MAA). 

"Sisanya sekitar Rp 1,244 triliun akan dilengkapi persyaratan dokumennya dan diusulkan kembali dalam rencana APBA perubahan 2019," kata Bustami. 

Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...