Unduh Aplikasi

Soal Miss Indonesia dan Indonesia Model Hunt 2016

Pemerintah Aceh Diminta Bertindak Tegas

Pemerintah Aceh Diminta Bertindak Tegas
BANDA ACEH - Puluhan mahasiswa dari sejumlah kampus di Banda Aceh dan Aceh Besar melakukan aksi unjuk rasa di bundaran Simpang Lima Banda Aceh, Selasa (1/3)

Mereka mendesak Pemerintah Kota Banda Aceh, Pemerintah Aceh dan juga Wali Nanggroe Aceh agar menindak tegas  penyelenggara Miss Indonesia dan Indonesia Model Hunt 2016 yang diselenggarkan di Aceh.

Presiden Mahasiswa Universitas Abulyatama (Unaya) Muslim, dalam orasinya mengatakan pemerintah wajib menindak tegas para penyelenggara kegiatan tersebut karena dengan jelas mereka telah mencoreng nama baik Aceh sebagai daerah basis Syariat Islam. Selain itu, penyelenggara Indonesia Moden Hunt juga tidak mengantongi izin pelaksanaan dari instansi berwenang.

"Kondisi Ini terkesan menyepelekan pihak berwenang dan hukum serta nilai-nilai kebudayaan yang berlaku di bumi Aceh," kata Muslim dalam orasinya, Selasa (1/3).

Koordinator Aksi, Alfarisvi mengatakan dari dua kejadian tersebut diyakini bahwa tidak mungkin penyelenggara tak mengetahui kearifan yang berlaku di Aceh. Dia menduga semua itu bagian dari upaya pihak-pihak tertentu untuk menghancurkan Syariat Islam di Aceh dengan cara mempengaruhi generasi muda Aceh.

"Kondisi itu kami khawatirkan terus mempengaruhi generasi muda Aceh. Perlu tindakan tegas pemerintah dalam menjaga generasi muda Aceh yang bebas dari perbuatan melanggar Syariat Islam," teriak Alfarisvi.

Massa juga mendesak penyelenggara Miss Indonesia dan Flavia Celly Jatmiko segera meminta maaf kepada masyarakat Aceh secara terbuka ke media lokal dan nasional dalam kurun waktu satu minggu sejak pernyataan itu disampaikan.

"Kepada Pemerintah Aceh dan Wali Nanggroe selaku pemangku adat Aceh kami minta segera mengambil langkah tegas terhadap persoalan ini, bukan hanya sekedar klarifikasi dan keberatan serta memeinta panitia harus lebih selektif seperti surat yang dilayangkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, tetapi harus adanya permintaan maaf secara terbuka dari pihak yang bersangkutan atau melakukan langkah hukum,"katanya.

Selain itu, mahasiswa perwakilan BEM Poliven, Pema Unaya, Pema Unida, BEM FKIP Unaya, BEM FH Unaya, IMHA serta BEM Poltekes Aceh itu juga meminta Kepada Pemerintah Kota Banda Aceh  menindak tegas penyelenggara Indonesia Model Hunt 2016 dan Management Hotel Grand Nanggroe atas pelaksanaan kegiatan tesebut yang sangat tidak sesuai dengan nilai Syariat Islam serta budaya Aceh.

Aksi damai yang dilakukan sekitar satu jam lebih tersebut mendapatkan pengawalan dari personil Polresta Banda Aceh, bukan hanya sekedar berorasi para peserta aksi juga membagikan pernyataan sikap mereka kepada masyarakat Banda Aceh yang melintasi bundaran simpang lima.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...