Unduh Aplikasi

Pemerintah Aceh Cabut Pemberlakuan Jam Malam

Pemerintah Aceh Cabut Pemberlakuan Jam Malam
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh telah mencabut maklumat penerapan jam malam dalam rangka pencegahan dan penyebaran virus corona (Covid-19) di Aceh.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat diwawancarai dalam program siaran langsung salah satu media televisi nasional, Sabtu (4/4).

"Karena jam malam ini belum diikuti oleh program social safety net yang memadai, mungkin per hari ini jam malam akan kita hentikan dulu," kata Nova dalam wawancara tersebut.

Karena itu, kata Nova, untuk malam ini aktivitas akan berjalan kembali seperti biasanya, mengingat sebagian besar UMKM di Aceh menjual dagangannya saat malam hari. Sambil kemudian nantinya ada pengembalian ke PP Nomor 21 Tentang Pembatasan sosial berskala besar.

Baca: Pemerintah Aceh Evaluasi Kebijakan Pemberlakuan Jam Malam

"Jadi apa yang kita lakukan di Aceh, sama dan sinkron dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah dan tim gugus tugas pusat," ujarnya.

Ketika ditanyakan terkait dampak perekonomian warga yang melemah akibat Covid-19 ini, Nova menyampaikan, sesuai dengan perintah Presiden Jokowi, Aceh telah menyiapkan biaya tak terduga dalam APBA 2020 sebesar Rp 118 miliar.

Anggaran tersebut bakal digunakan sebagai cadangkan untuk pelaksanaan social safety net dan kesehatan terutama rapid test.

"Untuk mengatasi penurunan ekonomi terutama pariwisata, kita sedang merancang social safety net, tentu dukungan pembiayaannya dari Inpres nomor 4," imbuhnya.

Artinya, lanjut Nova, Pemerintah Aceh dapat menggunakan anggaran pembangunan fisik untuk kepentingan budaya dan kesehatan.

"Itu semua sudah berjalan dan sampai hari ini sebanyak 60 ribu keluarga penerima manfaat kita data dan kita jalankan melalui skema pembagian sembako," tutur Nova.

Baca: Cegah Covid-19, Pemerintah Aceh Berlakukan Jam Malam

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Gani saat dikonfirmasi ulang mengaku belum memperoleh dokumen terkait pencabutan penerapan jam malam tersebut.

"Kita tunggu pengumuman, saya belum lihat dokumennya," ucap SAG.

Komentar

Loading...