Unduh Aplikasi

Pemerintah Aceh Akan Bangun Fasilitas Pelabuhan Lamteng

Pemerintah Aceh Akan Bangun Fasilitas Pelabuhan Lamteng
Hasnuddin 1
ACEH BESAR - Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan, Informasi dan Telematika (Dishubkomintel) akan membangun seluruh fasilitas yang belum ada di Pelabuhan Lamteng, Pulo Aceh, Aceh Besar.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi, dan Telematika (Dishubkomintel) Aceh, Hasanuddin mengatakan ada beberapa fasilitas yang akan dibangun seperti dua rumah dinas untuk pegawai UPTD, penerangan pelabuhan serta akan mengeruk kedalaman pelabuhan.

"Ini akan kita usahakan secepat mungkin, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Aceh Perubahan (APBA P) 2015 akan kita usulkan semua, harapan kita agar pelabuhan Lamteng bisa berjalan optimal seperti yang diinginkan oleh masyarakat," kata Kadishubkomintel Aceh, Hasanuddin kepada AJNN, Selasa (19/10) ketika melakukan kunjungan kerja ke Pulo Aceh.

Selama ini, kata Hasanuddin, Kapal roro melakukan aktivitas ke Pulo Aceh setiap 4 kali dalam minggu tidak menjadikan Pelabuhan Lamteng sebagai tempat terminal khusus (Home Base). Kapal roro hanya menjadikan pelabuhan Ule Lhe sebagai home basenya.

"Kalau hanya pelabuhan Ule Lhe sebagai home base, itu tidak efektif. Ini akan kita ubah, Kapal Roro harus menjadikan pelabuhan Lamteng sebagai Home Base," ujarnya

Hasanuddin juga menjelaskan, kalau selama ini, kapal perintis juga sering bersandar di pelabuhan Lamteng. Kendalanya adalah banyaknya batu karang, sehingga membuat ruang gerak kapal terlalu sulit.

"Kita akan coba pindahkan karang-karang yang ada disekitar pelabuhan, perlu kita pelajari dulu, sehingga apa yang dilakukan tidak merusakan ekosistem bawah laut," jelasnya.

Peningkatan fasilitas pelabuhan di seluruh Aceh, kata Hasanuddin, merupakan instruksi Gubernur Aceh, Zaini Abdullah untuk menghidupkan toll laut sesuai dengan program kerja Preisiden Jokowi dan Jusuf Kalla.

"Semua pelabuhan akan kita hidupkan, fasilitas yang kurang akan ditambah, kita harapkan pelabuhan yang ada di Aceh bisa dijadikan salah satu sumber untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," harapnya. (Baca : Pelabuhan Lamteng Pulo Aceh Belum Miliki UPTD)

|FAUZUL HUSNI

Komentar

Loading...