Unduh Aplikasi

Pemeriksaan Bupati Aceh Barat Tunggu Izin Bareskrim

Pemeriksaan Bupati Aceh Barat Tunggu Izin Bareskrim
Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Kepolisian Daerah Aceh hingga kini masih menunggu surat izin pemeriksaan yang dikeluarkan Bareskrim Polri untuk dikirimkan ke Mendagri terkait pemeriksaan Bupati Aceh Barat Ramli MS dalam kasus dugaan penganiyaan.

"Kami masih menunggu surat izin dari Bareskrim tersebut dikirimkan. Jika turun baru dilakukan pemeriksaan," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono, Rabu (10/6).

Menurut Ery, secara prosedurnya Bareskrim Polri membuat permohonan ijin pemeriksaan kepala daerah setelah mendengarkan keterangan penyidik Polda Aceh dalam gelar perkara kasus tersebut.

Baca: Polda Aceh Didesak Segera Periksa Ramli MS

"Untuk pemanggilan Bupati Aceh Barat ada mekanisme, harus melewati perizinan Menteri Dalam Negeri selanjutnya disampaikan ke Presiden," sebut Ery.

Ery menyebutkan surat izin pemeriksaan tersebut guna memenuhi ketentuan yang diatur Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh atau UUPA.

Sebelumnya, kasus pemukulan yang dilakukan oleh Bupati Aceh Barat, Ramli MS telah diambil alih Polda Aceh pada Februari 2020.

Baca: Polda Aceh Masih Menunggu Izin Presiden Periksa Bupati Aceh Barat

Ramli MS dilaporkan Zahidin warga Bakongan, Aceh Selatan atas dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh pejabat daerah. Korban penganiayaan juga telah melaporkan kasus tersebut ke Polres Aceh Barat.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...