Unduh Aplikasi

Pemenang Tender Proyek Jalan Rp 15 Miliar di Gayo Lues Diduga Perusahaan Bodong

Pemenang Tender Proyek Jalan Rp 15 Miliar di Gayo Lues Diduga Perusahaan Bodong
Pemenang tender proyek Peningkatan Struktur Jalan Sp Pasir - Rerebe. Foto: Dok AJNN

GAYO LUES - Paket pekerjaan struktur jalan Sp Pasir - Rerebe Gayo Lues diduga dimenangkan oleh perusahaan bodong. Pasalnya Sertifikat Badan Usaha (SBU) perusahaan pemenang tender proyek itu tidak terdaftar di website Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN).

Dalam LPSE Kabupaten Gayo Lues, proyek tersebut dengan pagu anggaran Rp 15 miliar. Perusahaan pemenang tender proyek itu adalah PT Seneren Perkasa Abadi yang beralamat di Jalan Kutacane - Blangkejeren, KP Rak Lunung, kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues.

PT Seneren Perkasa Abadi menang dengan nilai penawaran Rp 14,8 miliar. Proyek itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) 2020, di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Koordinator Lembaga Pemantau Lelang Aceh (LPLA), Nasruddin Bahar mengungkapkan kalau Sertifikat Badan Usaha (SBU) PT Seneren Perkasa tidak ditemukan (invalid) di Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN).

"Kami cek di website LPJKN ternyata SBU atas nama PT Seneren Perkasa tidak ditemukan (invalid)," kata Nasruddin Bahar, Rabu (29/7).

Selanjutnya, kata Nasruddin, pihaknya mengirimkan surat secara tertulis kepada pengurus LPJK Aceh untuk meminta klarifikasi atas kebenaran SBU PT Seneren Perkasa Abadi.

Untuk itu, pihaknya mendesak Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (API) Gayo Lues untuk mengkaji temuan itu. Kalau memang terbukti benar SBU PT Seneren Perkasa Abadi bodong, maka pihaknya meminta APIP merekomendasikan kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Dinas Pekerjaan Umum Gayo Lues untuk membatalkan kontrak dengan perusahaan tersebut.

"Kami menilai Pokja sangat nekat dalam menetapkan pemenang tender, sudah jelas SBU nya tidak dapat diakses di website LPJK, tapi kenapa mereka berani memenangkannya, patut diduga adanya persekongkolan dalam proyek ini," ujarnya.

Hingga berita ini diunggah, AJNN belum berhasil melakukan konfirmasi ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Gayo Lues.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...