Unduh Aplikasi

Pemda Perlu Diberikan Reward Jika Sahkan Anggaran Tepat Waktu

BANDA ACEH - Mantan anggota tim penyusunan Undang-Undang Pemerintahan Aceh (UUPA) TM Nurlif mengatakan, Pemerintah Pusat perlu untuk memberikan reward (Penghargaan) dan insentif (Tambahan Penghasilan) kepada Pemerintah Daerah yang mampu mengesahkan dan mempertanggung jawabkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tepat waktu.

Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kata TM Nurlif, Pemerintah pernah memberikan reward dan insentif kepada Pemerintah Daerah dan pemerintah kab/kota yang mampu mengesahkan anggaran tepat waktu. Untuk itu, Presiden Jokowi juga perlu mecontoh hal tersebut, tujuanya agar pemerintah daerah semangat dalam mengesahkan anggaran tepat waktu.

“Menurut saya itu perlu untuk dipertahankan. Karena, itu merupakan salah satu cara agar pemerintah daerah bisa mengesahkan anggaranya tepat waktu,” kata TM Nurlif kepada AJNN, Kamis (8/10) di Banda Aceh.

Terlambatnya pengesahan APBD, kata TM Nurlif akan berpengaruh pada penyerapan anggaran. Akibat dari penyerapan anggaran, pasti akan bepengaruh pada ekonomi masyarakat. Karena di Aceh, Uang beredar paling banyak bukan berasal dari sektor industri, tapi masih bersumber dari APBA dan APBK.

“Hanya ada beberapa kabupaten di Aceh yang industrinya sedikit menonjol seperti Aceh Utara, Lhokseumawe, Langsa. Tapi untuk daerah lain hampir tidak ada. Jadi begitu APBA tidak cair dan pasti kegiatan ekonomi akan berhenti sesuai dengan kemampuan masyarakat saja, tidak ada factor yang membuat kegiatan ekonomi bertambah di daerah,” jelasnya

Selain itu, Ia juga meminta kepada Pemerintah daerah juga memberikan reward dan intensif kepada desa-desa yang mampu mengelola dana desa dengan baik dan tepat sasaran.

“Dana sudah diberikan ke desa, ketika Pemerintah Pusat mau memberikan reward dan insentif kepada desa yang mampu mengelola dana itu dengan baik, pasti pemerintah gampong akan semangat dalam mengelola dana tersebut,” harapnya.

Menurut Nurlif, suksesnya sebuah daerah sangat bergantung pada pembangunan desa, oleh karena itu pemerintah daerah dan kab/kota harus memberikan penghargaan terhadap desa-desa yang mampu mengelola dana desa tepat sasaran.

|FAUZUL HUSNI|

Komentar

Loading...