Unduh Aplikasi

Pemda Diberi 7 Hari Alokasikan Dana Covid-19, Bila Tidak Dana Transfer Dirasionalisasi

Pemda Diberi 7 Hari Alokasikan Dana Covid-19, Bila Tidak Dana Transfer Dirasionalisasi
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Lamhot Aritonang-detikcom)

BANDA ACEH - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Prof. Tito Karnavian, menerbitkan instruksi nomor 1 tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Instruksi Mendagri ini memperhatikan Instruksi Presiden nomor 4 tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 dan Permendagri nomor 20 tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Dalam instruksi yang diterbitkan 2 April 2020 itu, Tito meminta kepada Gubernur, Bupati dan Walikota untuk melakukan percepatan pengutamaan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu (refocusing) dan/atau perubahan alokasi anggaran yang digunakan secara memadai.

Refocusing dan realokasi anggaran diutamakan untuk meningkatkan kapasitas penanganan kesehatan dan hal-hal lain terkait kesehatan, penanganan dampak ekonomi terutama menjaga agar dunia usaha daerah masing-masing tetap hidup serta penyediaan jaring pengamanan sosial (social safety net).

Baca: Prof Husni: Perppu 1 Tahun 2020 Membolehkan Penggunaan Anggaran Mendahului Perubahan APBD

Kemudian, terkait pelaksanaan Instruksi Mendagri ini, khususnya terkait dengan percepatan pengutamaan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu dan/atau perubahan alokasi anggaran, waktu pelaksanaannya paling lama dilakukan selama 7 (tujuh) hari sejak Intruksi Mendagri dikeluarkan.

Kepada kepala daerah, juga diminta melaporkan progres pelaksanaan refocusing dan realokasi anggaran ini kepada Menteri Dalam Negeri Cq. Dirjen Bina Keuangan Daerah dalam kesempatan yang pertama melalui Hotline (021) 34832851 atau http://maplog-covid19.kemendagri.go.id dan nomor WhatsApp 0812-9458-8283.

"Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang belum melaksanakan percepatan pengutamaan penggunaan alokasi anggaran tertentu dan/atau perubahan alokasi anggaran paling lama 7 (tujuh) hari sejak dikeluarkan Instruksi Menteri ini akan dilakukan rasionalisasi dana transfer," tulis Tito Karnavian dalam intruksinya.

Komentar

Loading...