Unduh Aplikasi

Pembukaan Jalan Baru Keude Lueng Putu-Simpang Blang Gapu Dimulai

Pembukaan Jalan Baru Keude Lueng Putu-Simpang Blang Gapu Dimulai
Alat berat bekerja di lokasi peningkatan jalan baru Keude Lueng Putu-Simpang Blang Gapu. Foto: AJNN /Mukaalmina

PIDIE JAYA - Proyek peningkatan jalan baru Keude Lueng Putu- Simpang Blang Gapu, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, mulai dikerjakan, peningkatan jalan baru itu menelan anggaran Rp 1.9 miliar yang bersumber dar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten setempat tahun 2020.

Proyek dengan nilai pagu Rp 1.951.220.000 itu dikerjakan oleh CV Simpati Palestine. Sejumlah alat berat terlihat sedang bekerja memperluas badan jalan di tanah PT Kereta Api Indonesia (KIA) yang sebelumnya terdapat perumahan warga di sepanjang jalan itu.

Namun, dengan dibukanya jalan baru, 44 unit rumah warga yang didirikan di atas tanah PT KAI itu dibongkar, pemerintah setempat juga memberikan kompensasi per rumah sebesar Rp 20 juta.

“Pekerjaan (peningkatan jalan) jalan Keude Lueng Putu - Simpang Blang Gapu sudah dimulai, anggaraanya Rp 1.9 miliar, dengan panjang 600 meter dan lebar 14 meter,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pidie Jaya, Rizal Fikar melalui Kabid Bina Marga, Edi kepada AJNN, Minggu (25/10).

Baca: Pembangunan Jalan Baru di Pijay, Sejumlah Rumah Bakal Digusur Tanpa Ganti Rugi

Edi berharap, dengan hadirnya jalan baru di kecamatan paling barat Pidie Jaya itu dapat semakin memperlancar perputaran ekonomi masyarakat.

Selain menelan anggaran Rp 1.9 miliar untuk peningkatan jalan dan Rp 880 juta untuk kompensasi bagi warga. Pembukakan jalan baru itu juga menelan anggaran Rp 9.7 miliar lebih yang bersumber dari dana DOKA untuk pembangunan jembatan yang dikerjakan oleh PT Alaska Saho Adab.

Sementara untuk pengaspalan jalan baru tersebut, Pemkab Pidie Jaya akan menarget dapat dikerjakan pada tahun 2021 dengan sumber dana diusahakan melalui APBN.

“Tahun ini hanya pembukaan jalan baru dan pembangunan jembatan. Untuk aspal kita usahakan melalui dana APBN,” kata Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi saat peletakan batu pertama pembangunan jembatan tersebut beberapa waktu lalu.

Komentar

Loading...